Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMK ................
Kelas/Semester            : XI/1
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Topik                           : Mengamati Instruksi
Pertemuan Ke-            : Dua
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)

A.    Standar Kompetensi
·         Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madya.
B.     Kompetensi Dasar
·         Menyimak untuk menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja.

C.     Indikator Pencapaian
·         Siswa dapat mengubah informasi dari bentuk lisan ke bentuk non verbal (bagan/tabel/diagram/grafik).
·         Siswa dapat menyampaikan pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif dan induktif.
·         Siswa dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan suatu informasi..

D.    Materi Pokok
·         Teknik membuat catatan verbal dan non verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tulis).
·         Teknik menyampaikan simpulan dan pendapat.
·         Kesadaran berbahasa /sikap berbahasa yang positif.

E.     Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Simulasi

F.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

·         Mengondisikan kelas dalam persiapan kegiatan belajar (berdo’a, mengucapkan salam, menyapa siswa, dan mengecek kehadiran siswa).
·         Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
·         Siswa diberi motivasi dengan contoh-contoh berbahasa nonverbal dan verbal.
·         Menayangkan video sebagai media pengenalan materi yang akan disampaikan.
10 menit
Inti

·         Siswa dibimbing untuk menemukan konteks yang sedang mereka pelajari melalui tayangan yang telah dilihat.
·         Siswa diajarkan cara yang tepat untuk mengubah informasi lisan ke bentuk tulisan.
·         Siswa dipandu untuk merumuskan isi video yang ditayangkan tersebut.
·         Siswa diberi lembar kosong yang harus mereka isi saat pemutaran video ke-2.
·         Setelah menyaksikan tayangan video, siswa di minta untuk menuliskan isi tayangan video dalam bentuk deskripsi.
·         Siswa diberikan suatu permainan untuk sesi ice breaking.
·         Siswa yang salah (3 orang) diberi hukuman yaitu menuturkan secara lisan informasi yang telah didapat dari hasil menyimak.
Teknisnya, ketika satu siswa bertutur, siswa (yang diberi hukuman) lainnya tidak boleh medengar.
·         Siswa lain diminta memberi tanggapan terhadap penampilan teman merek satu-persatu.
70 menit
Penutup

·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan pengalamnnya ketika mengikuti proses belajar mengajar.
·         Guru dan siswa memberikan refleksi tentang kesimpulan topik pembelajaran atau merangkum hasil pembelajaran.
·         Guru memberikan pekerjaan rumah atau tugas ko-kuliner.
·         Guru menutup kegiatan belajar mengajar dan menyampaikan informasi materi yang akan disampaikan pada pertemuan selanjutnya.
10 menit

















































G.    Alat dan Sumber Belajar
·         Alat dan Bahan
ü  Alat
a.       Laptop
b.      Proyektor
c.       Penyaring suara
d.      Kertas kosong
ü  Bahan
Ketika mengdengarkan suatu insturksi atau perintah, kita harus tanggap untuk segera mencatatnya agar apa yang menjadi perintah tidak mudah kita lupakan. Hal tersebut harus dilakukan terlebih bila perintah yang didengar itu banyak.
Teknik mengubah bentuk lisan menjadi tulisan pun perlu diperhatikan. Dalam menulis informasi lisan, kita tidak mungkin menulis runtut dari awal sumber lisan berkata bingga akhir. Maka cukuplah bagi kita untuk mencatat poin-poin penting saja. Adapun bila kita diminta untuk melaporkannya, maka kembangkan poin-poin tersebut dengan baik.
Namun pada kenyataanya bila memang kita berniat untuk mendapat informasi secara utuh, lebih baik kita membawa alat perekam.

Untuk teknik penyampaian informasi yang didapat, kita perlu tahu bahwa tekniknya secara umum ada dua.
Pertama teknik deduktif, yaitu teknik menyampaikan informasi yang bersifat dari umum ke khusus. Kita mulai menyampaikan poin yang ingin disampaikan, kemudian ditambah dengan penjelas-penjelasnya kemudian.
Kedua teknik induktif, yaitu teknik menyampaikan informasi yang bersifat dari khusus ke umum. Kita menyampaikan dulu hal-hal yang mendukung untuk akhirnya sampai pada inti yang ingin kita sampaikan.

H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
·         Teknik
Untuk pertemuan ini, hanya ada penilaian proses saja
·         Bentuk
Melihat keaktifan siswa dalam berinteraksi di kelas serta memerhatikan perkembangan tulisan mereka di lembar yang telah disediakan.
·         Instumen
Instruksi lisan yang meminta siswa untuk menuliskan hal yang penting untuk didapat dalam menyimak informasi yang ditayangkan.
·         Kunci dan Pedoman Penskoran
ü  Setiap siswa yang hadir diberi poin 5
ü  Siswa yang berinteraksi baik dengan arahan guru diberi poin 1
ü  Siswa yang menyimak pelajaran dengan baik diberi poin 1
ü  Siswa yang mengumpulkan lembar yang diberikan diberi poin 2
ü  Siswa yang tampil diberi poin 2
ü  Siswa yang bertanya atau berkomentar diberi poin 1
Poin maksimal 10
·         Tugas
Siswa diminta mempersiapkan diri untuk menulis sebuah tulisan yang berisi perintah.

Siswa diminta untuk bersiap mengemukakan tulisan mereka dalam bentuk lisan.

Komentar

Postingan Populer