Contoh RPP Kurikulum 2013 (Bahasa Indonesia)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SMA . . .
Kelas/Semester          : X/2
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Tema                           : Teks Dalam Kehidupan Nyata
Pertemuan Ke-          :
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya .
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi.
2.3  Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.2  Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan.
4.2  Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat, baik secara lisan maupun tulisan.



C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negoisasi.
2.      Membedakan ciri-ciri teks laporan dengan teks prosedur.
3.      Membuat contoh teks laporan dan prosedur dari hasil observasi.
4.      Menyadur teks protokol tanpa mengubah tema utamanya.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks laporan dan prosedur.
2.      Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu membedakan teks laporan dan teks prosedur.
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik mempu membuat contoh teks laporan dan prosedur.
4.      Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik mampu menyadur teks protokol tanpa mengubah tema utamanya.

E.     Materi Pembelajaran
·         Definisi teks laporan dan teks prosedur
·         Teks laporan “Perjalanan ke Bali”
·         Teks “Langkah Pelestarian Binatang Langka”
·         Teks “Bagaimana Binatang Dapat Punah”

F.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan scientific
2.      Metode
a.       Inkuiri
b.      Tanya-jawab
c.       Diskusi kelompok
d.      Penugasan






G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.    Pendahuluan
1.      Peserta didik menjawab sapaan pendidik, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar.
2.      Pendidik dan peserta didik bertanya jawab berkaitan dengan materi yang akan dibahas.
3.      Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
4.      Pendidik menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran
5.      Peserta didik menyaksikan video sebagai stimulus untuk pengembangan karakter dan semangat untuk belajar.
6.      Pendidik memeberi peluang kepada peserta didik untuk menanggapi video yang ditampilkan dengan melibatkan pengalaman mereka di luar kelas.
7.      Pendidik membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
20 menit
B.     Inti
ü  Mengamati
1.      Peserta didik membaca teks laporan “Perjalanan ke Bali”
2.      Peserta didik membaca teks “Langkah Pelestarian Binatang Langka”
ü  Menanya
3.      Peserta didik bertanya jawab dalam diskusi tentang hal-hal yang berhubungan dengan teks laporan “Perjalanan ke Bali” dan teks “Langkah Pelestarian Binatang Langka”
ü  Menalar
4.      Peserta didik merumuskan perbedaan-perbedaan teks laporan dan teks Prosedur dari contoh teks yang ada.
5.      Peserta didik juga mencari dari berbagai informasi tentang teks laporan dan teks prosedur.
6.      Peserta didik menyesuaikan informasi yang didapat dengan teks yang yang mereka baca.
7.      Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi
ü  Mencoba
8.      Peserta didik mengubah urutan langkah-langkah yang ada pada teks “Langkah Pelestarian Binatang Langka”.
9.      Peserta didik membuat teks tulisan yang berisi peristiwa atau keadaan yang menyebabkan binatang tertentu langka.
ü  Mengomunikasikan
10.  Peserta didik menuliskan hasil diskusi kelompok mengenai teks laporan dan teks prosedur.
11.  Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas. Kelompok lain memberi tanggapan.

15 menit




15 menit



15 menit







20 menit




15 menit
C.     Penutup
12.  Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
13.  Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
14.  Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
20 menit





H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media: Laptop, teks laporan dan teks prosedur
2.      Sumber belajar
Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemendikbud

I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Penilaian Proses
No.
Aspek yang dinilai
Teknik penilaian
Waktu penilaian
Instrumen penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan
Hasil penilaian no. 1 untuk masukkan pembinaan dan informasi Pendidik agama.
2.
Disiplin
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan
Hasil penilaian no. 2 untuk mengukur sifat dan tingkah laku.
3.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan
Hasil penilaian no. 3 untuk mengukur kepedulian terhadap diri dan lingkungan.
4.
Kerja sama
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan
Hasil penilaian no. 4 untuk mengukur hubungan sosial dengan teman lain.

2.      Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instumen
1.      Membedakan teks laporan dan teks prosedur. Khususnya pada teks laporan “Perjalanan ke Bali” dan teks “Langkah Pelestarian Binatang Langka”
Penilaian Observasi
Tertulis
Sebutkan perbedaan yang dapat dilihat dari teks laporan “Perjalanan ke Bali” dan teks “Langkah Pelestarian Binatang Langka”!
2.      Menyadur teks protokol tanpa mengubah tema utamanya.
Penilaian Proses
Tertulis
Ubahlah susunan langkah-langkah yang ada pada teks “Langkah Pelestarian Binatang Langka”!
3.      Membuat contoh teks laporan dan prosedur.
Unjuk Kerja
Tertulis
Buatlah sebuah teks laporan dan teks prosedur!

Pedoman Penilaian
Soal nomor 1
Aspek
Skor
1.      Sikap religius
35
2.      Sikap dan tingkah laku
25
3.      Tanggung jawab
20
4.      Hubungan sosial
20
Jumlah skor
100

Soal nomor 2
No.
Aspek
Skor
1.
Peserta didik menyebutkan perbedaan yang dapat dilihat dari teks laporan dan teks prosedur kompleks.
20
2.
Peserta didik menyadur teks protokol tanpa mengubah tema utamanya.
30
3.
Peserta didik membuat contoh teks laporan dan prosedur.
40
Jumlah skor
100


Komentar

Postingan Populer