Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK ................
Kelas/Semester :
XI/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Topik
: Mengamati Instruksi
Pertemuan Ke- :
Dua
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
A. Standar
Kompetensi
·
Berkomunikasi
dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madya.
B. Kompetensi
Dasar
·
Menyimak
untuk menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah dalam konteks
bekerja.
C. Indikator Pencapaian
·
Siswa
dapat mengubah informasi dari bentuk lisan ke bentuk non verbal (bagan/tabel/diagram/grafik).
·
Siswa
dapat menyampaikan pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian
simpulan dan pendapat yang akurat secara deduktif dan induktif.
·
Siswa
dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyampaikan suatu
informasi..
D. Materi
Pokok
·
Teknik
membuat catatan verbal dan non verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan
(lisan/tulis).
·
Teknik
menyampaikan simpulan dan pendapat.
·
Kesadaran
berbahasa /sikap berbahasa yang positif.
E.
Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi,
Simulasi
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengondisikan kelas
dalam persiapan kegiatan belajar (berdo’a, mengucapkan salam, menyapa siswa,
dan mengecek kehadiran siswa).
·
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi yang lalu.
·
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dalam pertemuan ini.
·
Siswa
diberi motivasi dengan contoh-contoh berbahasa nonverbal dan verbal.
·
Menayangkan video
sebagai media pengenalan materi yang akan disampaikan.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa dibimbing untuk
menemukan konteks yang sedang mereka
pelajari melalui tayangan yang telah dilihat.
·
Siswa diajarkan cara yang tepat untuk mengubah informasi
lisan ke bentuk tulisan.
·
Siswa dipandu untuk merumuskan isi
video yang ditayangkan tersebut.
·
Siswa diberi lembar kosong yang harus mereka isi saat pemutaran video ke-2.
·
Setelah menyaksikan
tayangan video, siswa di minta untuk
menuliskan isi tayangan video dalam bentuk deskripsi.
·
Siswa diberikan suatu permainan untuk sesi ice breaking.
·
Siswa yang salah (3 orang) diberi hukuman yaitu menuturkan
secara lisan informasi yang telah didapat dari hasil menyimak.
Teknisnya, ketika satu siswa bertutur, siswa (yang diberi hukuman) lainnya tidak boleh medengar.
·
Siswa lain
diminta memberi tanggapan terhadap penampilan teman merek satu-persatu.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya atau mengemukakan pengalamnnya ketika
mengikuti proses belajar mengajar.
·
Guru dan siswa
memberikan refleksi tentang kesimpulan topik pembelajaran atau merangkum
hasil pembelajaran.
·
Guru memberikan
pekerjaan rumah atau tugas ko-kuliner.
·
Guru menutup kegiatan
belajar mengajar dan menyampaikan informasi materi yang akan disampaikan pada
pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
·
Alat dan Bahan
ü Alat
a. Laptop
b. Proyektor
c. Penyaring suara
d. Kertas kosong
ü Bahan
Ketika mengdengarkan suatu
insturksi atau perintah, kita harus tanggap untuk segera mencatatnya agar apa
yang menjadi perintah tidak mudah kita lupakan. Hal tersebut harus dilakukan
terlebih bila perintah yang didengar itu banyak.
Teknik mengubah bentuk lisan
menjadi tulisan pun perlu diperhatikan. Dalam menulis informasi lisan, kita
tidak mungkin menulis runtut dari awal sumber lisan berkata bingga akhir. Maka
cukuplah bagi kita untuk mencatat poin-poin penting saja. Adapun bila kita
diminta untuk melaporkannya, maka kembangkan poin-poin tersebut dengan baik.
Namun pada kenyataanya bila
memang kita berniat untuk mendapat informasi secara utuh, lebih baik kita
membawa alat perekam.
Untuk teknik penyampaian
informasi yang didapat, kita perlu tahu bahwa tekniknya secara umum ada dua.
Pertama teknik deduktif, yaitu
teknik menyampaikan informasi yang bersifat dari umum ke khusus. Kita mulai
menyampaikan poin yang ingin disampaikan, kemudian ditambah dengan
penjelas-penjelasnya kemudian.
Kedua teknik induktif, yaitu
teknik menyampaikan informasi yang bersifat dari khusus ke umum. Kita
menyampaikan dulu hal-hal yang mendukung untuk akhirnya sampai pada inti yang
ingin kita sampaikan.
H. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
·
Teknik
Untuk
pertemuan ini, hanya ada penilaian proses saja
·
Bentuk
Melihat
keaktifan siswa dalam berinteraksi di kelas serta memerhatikan perkembangan
tulisan mereka di lembar yang telah disediakan.
·
Instumen
Instruksi
lisan yang meminta siswa untuk menuliskan hal yang penting untuk didapat dalam
menyimak informasi yang ditayangkan.
·
Kunci dan Pedoman
Penskoran
ü Setiap siswa yang hadir diberi poin 5
ü Siswa yang berinteraksi baik dengan arahan guru diberi
poin 1
ü Siswa yang menyimak pelajaran dengan baik diberi poin 1
ü Siswa yang mengumpulkan lembar yang diberikan diberi poin
2
ü Siswa yang tampil diberi poin 2
ü Siswa yang bertanya atau berkomentar diberi poin 1
Poin maksimal 10
·
Tugas
Siswa
diminta mempersiapkan diri untuk menulis sebuah tulisan yang berisi perintah.
Siswa diminta
untuk bersiap mengemukakan tulisan mereka dalam bentuk lisan.
Komentar
Posting Komentar