Kanker

oleh: Hana Fauziah

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelit diri, selanjutnya menyusup ke jaringin sekitar dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting syaraf tulang belakang. Sel-sel yang berkembang ini akan menumpuk, mendesak dan merusak jaringan dan organ yang ditempati.
Kanker dapat terjadi di seluruh bagian tubuh dari kepala hingga kaki. Kanker pada bagian permukaan tubuh lebih mudah terdeteksi dan terobati, sedangkan kanker pada bagian dalam tubuh biasanya terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut.


Jenis-jenis Kanker
  • Karsinoma
Kanker ini berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya pada kulit, kelenjar selaput lendir, payudara, usus, lambung dan sebagainya.
  • Limfoma
Kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya pada jaringan limfe, timus dan sumsum tulang.
  • Leukimia
Kanker yang memenuhi pembuluh darah dan mengganggu fungsi sel darah.
  • Sarkoma
Kanker ini memiliki jaringan penunjang yang terletak pada permukaan tubuh seperti jaringan ikat, termasuk sel-sel yang terdapat pada otot dan tulang.
  • Glioma
Berupa kanker susunan syaraf, misalnya pada jaringan penunjang di susunan saraf pusat.

Di Indonesia kanker diberi nama sesuai dengan organ yang diganggunya, yaitu kanker otak, kanker mulut, kanker tenggorokkan, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker saluran pencernaan, kanker rahim (uterus), kanker indung telur (ovarium), kanker kolon, kanker gangguan kemih atau ginjal, kanker prostat, kanker buah zakar/testis, limfoma, leukimia, dan kanker kulit. Ada juga yang disebut dengan komplikasi, yaitu infeksi yang terjadi karena kekurangan protein dan zat gizi lain dan juga pertahanan tubuh (sistem imun) yang sering terjadi setelah pengobatan konvensional pada penderita kanker stadium lanjut.


Penyebab Timbulnya Kanker
Kanker dapat disebabkan oleh satu faktor atau beberapa faktor. Ada juga faktor-faktor yang diduga meningkatkan resiko terjadinya kanker. Berikut merupakan faktor-faktor penyebab/ yang meningkatkan penyakit kanker:
1.    Faktor keturunan
Faktor genetik memiliki resiko yang cukup tinggi untuk menurunkan penyakit kanker, karena sifat induk yang diturunkan kepada anaknya kepada anaknya melalui gen tersebut. Jenis penyakit kanker yang cenderung diturunkan melalui faktor genetik yaitu kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Melalui penelitian wanita memliki resiko 1,5 sampai 3 kali lipat lebih besar jika ibunya menderita penyakit kanker.
2.    Faktor lingkungan
Gaya hidup modern dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya/ tumbuhnya sel kanker. Misalnya kebiasaan merokok, jaman sekarang tidak hanya pria saja yang merokok, bahkan wanita pun sudah menjadi hal yang lumrah untuk merokok di lingkungan terbuka. Peraturan yang dibuat pun tidak dapat menghentikan kebiasaan merokok masyarakat Indonesia yang sangat aktif. Kanker yang dapat ditimbulkan dari merokok yaitu kanker paru-paru, kanker mulut, kanker laring, dan kanker kandung kemih. Selain asap rokok yang ada di lingkungan sehari-hari, sinar ultraviolet pun dapat menyebabkan timbulnya sel kanker. Global warming yang terjadi akibat bolongnya atmosfir bumi ini menyebabkan sinar UV dari matahari terpancar ke bumi lebih banyak yang dapat memicu kanker pada tubuh manusia, khususnya pada kulit. Radiasi ionisasi dalam sinar rongent yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom juga dapat menyebabkan timbulnya sel-sel kanker, misalnya efek yang dihasilkan dari bom atom di Hirosima dan Nagasaki pada Perang Dunia II, dapat meninggalkan tumbuhnya sel kanker pada darah seperti leukimia pada orang yang selamat dari bom tersebut.
3.    Faktor makanan yang tidak sehat
Makanan yang menjadi sumber energi kita dapat menjadi penyebab timbulnya sel kanker jika makanan yang kita makan tidak sehat ( mengandung bahan kimia berbahaya). Misalnya makanan tidak sehat tersebut yaitu, makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) dapat meningkatkan timbulnya sel kanker di lambung, minuman beralkohol dapat menyebabkan kanker kerongkongan, zat pewarna makanan yang berbahaya seperti rodamine B, makanan laut yang tercemar oleh logam berat (merkuri), dan makanan-makanan yang di proses secara berlebihan.
4.    Virus
Virus yang dapat dicurigai menyebabkan penyakit kanker yaitu virus papilloma yang menyebabkan kutipada alat kelamin (gentalis) menyebabkan kanker pada rahim, virus sitomegalo dapat menyebabkan kanker sistem pembuluh darah yang ditandai oleh lesi kulit berwarna merah (Sarkoma Kaposi), virus hepatitis B dapat menyebabkan kanker pada hati, virus epstein-bar menyebabkan limfoma burkit di daerah Afrika dan menyebabkan kanker hidung dan tenggorokkan di daerah China, dan yang terakhir virus retro misalnya HIV dapat menyebabkan limfoma dan berbagai macam kanker darah.
5.    Infeksi
Tubuh yang terinfeksi Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena menyebabkan iritasi menahun pada kandung kemih. Infeksi oleh Clonorchis dapat menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu. Dan bakteri Helicobacter Pylori dapat menyebabkan kanker pada lambung dan dapat meningkatkan kecepatan siklus sel.
6.    Faktor perilaku
Gaya hidup orang barat yang mulai dicontoh oleh masyarakat Indonesia yaitu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan, minum minuman beralkohol, merokok aktif maupun pasif, melakukan hubungan intim diusia dini dan sering berganti pasangan dapat  menjadi salah stu penyebab kanker.
7.    Gangguan keseimbangan hormonal
Kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron dapat meningkatkan penyakit kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, dan kanker prostat dan buah zakar pada pria. Hormon estrogen befungsi merangsang pertumbuhan sel yan cenderung mendorok timbulnya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan.
8.    Faktor kejiwaan
Gangguan emosi seperti stress, dendam, kebencian dan sakit hati dapat menyebabkan tumbuhnya kanker, karena menyebabkan gangguan keseimbangan sel tubuh. Keadaan tegang yang terus menerus dapat menyebabkan sel menjadi lebih hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas.
9.    Radikal bebas
Radikal bebas merupakan suatu atom, gugus atom, atau molekul yang memiliki elektron bebas yang tidak berpasangan di lingkaran luarnya, sehingga dia akan terus mencari pasangan elektronnya dan menyebabkan sel yang elektronnya diambil menjadi tidak seimbang. Misalnya radikal bebas terbentuk dari prdoduk sampingan dari proses metabolisme, radikal bebas yang berupa racun-racun kimiawi dari makanan, minuman, polusi udara dan sinar UV, serta radikal bebas yang terbentuk saat kita makan yang berlebihan maupun keadaan stress yang berlebihan.



Mendignosa Kanker
Dewasa ini teknologi semakin berkembang sehingga untuk mendeteksi keberadaan kanker pun lebih mudah. Misalnya dengan digital Infrared Imaging dapat memonitor kesehatan payudara dan leher rahim pada wanita.
 Namun untuk lebih mudahnya dan murah pemeriksaan sendiri dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan payudara sendiri (untuk wanita) atau buah zakar (untuk pria) setiap bulannya.
Untuk kanker yang ada dipermukaan tubuh dapat dirasakan benjolan yang tumbuh, namun pada kanker yang ada di dalam organ dalam tubuh dapat di deteksi dengan pemeriksaan ke dokter.

Mencegah dan Mengobati Kanker
Sudah dibahas sebelumnya beberapa faktor penyebab timbulnya kanker, kebanyakan karena perilaku atau gaya hidup masyarakat yang dapat memicu penyakit kanker. Untuk dapat mencegah atau menghindari penyakit kanker kita dapat menghindari semua penyebab faktor penyakit kanker.
Pengobatan kanker dapat dengan operasi, kemoterapi, ataupun radiasi, namun pengobatan ini tidak dapat membersihkan semua kanker yang sudah tumbuh.
Untuk mendukung pengobatan secara medis, kita juga harus melakukan pengobatan secara nonmedis yaitu dengan berdoa kepada Tuhan, menjaga emosi jiwa, istirahat yang cukup dan menjaga pola makan, olahraga secara teratur, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga semangat.

Komentar

Postingan Populer