Contoh Skenario Pembelajaran


MENYIMPULKAN ISI TEKS TERTULIS
DALAM KONTEKS BEKERJA
SKENARIO AJAR
disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pembelajaran Membaca
yang diberikan oleh:
Drs. Encep Kusumah, M.Pd.


thumb-universitas-pendidikan-indonesia-upi.gif


Disusun oleh:
Adam Rahmat Fauzan
0900816



JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2013


Skenario Ajar Bahasa Indonesia
Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan

Standar Kompetensi     : Berkomunikasi dengan bahasa Indoesia setara tingkat Madya.
Kompetensi Dasar        : Menyimpulkan isi teks tertulis dalam konteks bekerja

1.      Siswa diperlihatkan teks di bawah ini dan salah seorang siswa dipersilahkan untuk membaca nyaring teks tersebut.
Keselamatan Kerja
Keselamatan kerja merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang  melakukan tugasnya. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan oleh industru atau perusahaan untuk melindungi keselamatan para pekerjanya baik keselamatan jiwa yang sifatnya mematikan, maupun keselamatan jiwa raga yang membuat korban menjadi cacat ringan atau cacat seumur hidup.
Untuk melindungi para pekerja agar tidak mengalami kecelakaan, telah diproduksi berbagai alat untuk keselamatan pekerja. Berbagai pelatihan telah diberikan kepada para pekerja agar terhindari dari kecalakaan kerja dan penerapan peraturan yang dilaksanakan dengan disiplin kerja secara ketat yang harus dilakukan oleh para pekerja ketika mereka sedang melakukan tugasnya.
Berdasarkan data-data yang diberikan oleh para industri dan perusahaan ternyata terjadi penurunan angka-angka kecelakaan secara drastis, walaupun korban masih tetap ada. Tercatat jumlah korban kecelakaan paling banyak terjadi pada sektor pertambangan, misalnya; pengeboran, penggalian, maupun ketika sedang melakukan eksplorasi. Jumlah korban kecelakaan kedua terbanyak adalah sektor konstruksi, baik konstruksi bangunan gedung, maupun konstruksi bangunan pabrik, industri ataupun lainnya. Kecelakaan ketiga terbanyak yaitu kecelakaan yang terjadi pada sektor pertanian. Sedangkan sektor nonproduksi yang banyak menimbulkan korban adalah sektor lalu lintas. Persentase terbanyak penyebabnya adalah karena faktor kelalaian manusia.
Jaminan rasa aman bagi para pekerja dalam melaksanakan tugasnya disamping perlindungan yang sifatnya teknis berupa pemakaian alat-alat keselamatan kerja, pelatihan keselamatan kerja, serta penerapan disiplin kerja, setiap pekerja juga dijamin dan dilindungi oleh asuransi keselamatan pekerja yang menjamin biaya pengobatan apabila pekerja mengalami kecelakaan yang membutuhkan biaya pengobatan dan perawatan, serta jaminan apabila pekerja tersebut mengalami cacat secara permanen.
2.      Setiap siswa diberi salinan teks tersebut.
3.      Siswa diarahkan untuk membentuk kelompok yang setiap kelompoknya beranggotakan empat orang.
4.      Masing masing kelompok diminta untuk mencari ide pokok dari setiap paragraf pada teks tersebut.
Bila siswa belum dapat menemukan ide pokok, maka siswa akan diberi penjelasan mengenai ide pokok seperti berikut:
Ide pokok terdapat dalam paragraf. Biasanya ide pokok dinyatakan secara eksplisit maupun implisit dalam kalimat utama.
5.      Setiap kelompok mencari ide pokok dengan bimbingan guru.
6.      Setiap kelompok membacakan hasil pencarian mereka hingga ditemukan
ide pokonya adalah sebagai berikut:
Paragraf 1:
Keselamatan kerja merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang bekerja.
Paragraf 2:
Berbagai upaya dilakukan untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan.

Paragraf 3:
Data tentang penurunan angka kecelakaan dan urutan sektor industri yang menelan banyak korban kecelakaan.
Paragraf 4:
Jaminan asuransi bagai para pekerja disamping upaya lain yang menjamin keselamatan pekerja.
7.      Setiap kelompok diminta untuk membuat rangkuman dari wacana tersebut. Bila siswa kesulitan dalam membuat rangkuman, guru memberi penjelasan sederhana seperti:
Rangkuman tidak jauh berbeda dengan ringkasan. Untuk membuat rangkuman, ikuti langkah-langkah berikut:
1.      Baca kembali teks dengan saksama!
2.      Temukan ide pokok setiap paragraf teks tersebut!
3.      Gabungkan ide-ide pokok tersebut sebingga menjadi karangan singkat!
4.      Agar padu, tambahkan kata, frasa, atau kalimat di antara ide-ide pokok tersebut!
8.      Setiap kelompok membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
9.      Setiap kelompok membacakan rangkuman mereka hingga dapat ditemukan rangkuman seperti berikut:
Keselamatan kerja merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang bekerja. Berbagai upaya telah dilakukan untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan. Berdasarkan data yang telah didapat, angka kecelakaan kerja telah menurun meskipun masih terjadi kecelakaan pada beberapa sektor. Upaya lain yang menjamin keselamatan pekerja adalah jaminan asuransi.
10.  Siswa diarahkan menuju materi membuat simpulan.
11.  Siswa ditanya tentang pengertian simpulan.
12.  Siswa diarahkan pada pengertian simpulan yang tepat dan dieberi penjelasan tentang cara menyimpulkan suatu teks.
Simpulan adalah bagian ringkas yang mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicaraan dengan memberi penekanan ide pokok serta penyelesaian permasalahan yang diungkapkan. Bahasa yang digunakan dalam simpulan sangat mewakili pokok-pokok persoalan dan penyelesaian yang diungkapkan dalam tulisan tersebut.
Dalam penyusunan simpulan, kita dapat bertolak pada pola bernalar deduktif dan induktif.
Hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat simpulan:
1.      Tulisan simpulan merupakan inti dari suatu uraian atau pembicaraan mengarah pada penyelesaian suatu persoalan yang diungkapkan dalam suatu bahasan atau karangan.
2.      Tulisan simpulan harus menjiwai bagian uraian yang panjang secara keseluruhan, sehingga pembaca tidak perlu membaca atau mengingat kembali inti persoalan.
3.      Tulisan simpulan harus mengingat kembali inti persoalannya dalam memahami kembali ide sentral dari suatu bahasan atau karangan yang kemudian dihubungkan dengan penyelesaiannya sebagai suatu solusi.
13.  Kelompok dibagi berdasarkan hitungan ganji dan genap.
14.  Kelompok hitungan ganjil diminta utuk menyimpulkan teks secara deduktif.
15.  Kelompok hitungan genap diminta untuk menyimpulkan teks secara induktif.
16.  Setiap kelompok mengerjakan tugasnya dengan bimbingan guru.
17.  Setiap kelompok membacakan hasil pekerjaan mereka. Simpulan yang diharapkan berhasil dibut siswa setidaknya sebagai berikut:
a.       Simpulan deduktif
Keselamatan pekerja merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang bekerja. Oleh karena itu meskipun angka kecelakaan semakin menurun, namun berbagai upaya seperti asuransi keselamatan bagi para pekeja dilakukan untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan.
b.      Simpulan induktif
Meskipun angka kecelakaan semakin menurun, namun berbagai upaya seperti asuransi keselamatan bagi para pekerja dilakukan untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan. Hal itu dilakukan karena keselamatan pekerja merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang bekerja.
18.  Setiap siswa diminta untuk menuliskan pengalaman belajar mereka kali ini dalam secarik kertas.
19.  Setiap siswa ditugaskan untuk mencari sebuah teks dalam konteks bekerja, kemudian membuat simpulannya.




Komentar

Postingan Populer