Kajian Drama Titik-Titik Hitam Karya Nasyah Djamin: Pendekatan Semiotik


*diajukan untuk memenuhi tugas Matakuliah Kajian Drama Indonesia yang diberikan Suci Sundusiah, M.Pd.
oleh Adam Rahmat Fauzan (0900816)
[Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia]



A.    Sinopsis Naskah Drama Titik-titik Hitam karya Nasyah Djamin
Drama Titik-titik Hitam ini menceritakan tentang Hartati (Tati) yang jatuh sakit. Menurut dr. Gun, Hartati tidak akan sembuh bila ia tidak mau. Hal ini menyebabkan Adang (Suami Hartati) gelisah. Kegelisahan Adang semakin bertambah karena ibu Hartati bagi Adang selalu mebuat “fitnah”.
“Fitnah” Ibu bukan tanpa alasan, mengingat Adang yang sering pergi lama dinas ke luar kota. Namun adang enggan untuk percaya pada fitnah ibu yang terkesan tidak gamblang menyebutkan apa yang sebenarnya terjadi di rumah tangga Adang. Mereka berdua kemudian terlibat adu mulut hingga dr. Gun datang dan menenangkan mereka.
dr. Gun keluar dari kamar Hartati dan bertanya tentang keberadaan Rahayu (Ayu) yang sejak tadi ingin Hartati temui. Karena ia belum juga bertemu Rahayu, maka dr. Gun pun masuk kembali menuju kamar Hartati. Setelah dipastikan Hartati sama sekali tidak hendak menemuinya, Adang pergi keluar rumah.
Ibu kemudian ditinggal sendiri dan saat dr. Gun kembali keluar dari kamar mereka berbincang-bincang. Di tengah perbincangan mereka, dr. Gun sempat menyinggung bahwa Hartati kini sedang hamil satu bulan. Hamil yang pertama sejak lima tahun berumah tangga.
Ibu akhirnya dipanggil Hartati masuk ke kamar dan saat ibu berada di kamar, Rahayu tiba. Rahayu kemudian berbincang-bincang dengan dr. Gun. Perbincangan mereka memanas saat dr. Gun mencoba menasehati Rahayu agar hidupnya jangan terlalu bebas. Rahayu marah dan mulai mengungkit kejadian dua tahun lalu saat dia meminta dr. Gun untuk mengaborsi kandungannya. Rahayu pun mengklaim bahwa dosa itu dosa mereka berdua yang telah membunuh seorang manusia (janin). Pada perbincangan ini pun Rahayu mengatakan bahwa mereka saat ini sedang bertengkar untuk memperebutkan seseorang.
Pada adegan akhir drama ini, ibu keluar dari kamar Hartati. Ia memint dr. Gun masuk ke kamar dan memeriksa Hartati yang tidak sadarkan diri. Setelah dr. Gun masuk, terjadilah perbincangan antara Ibu dan Rahayu. Dari perbincagan Ibu dan Rahayu dapat diketahuhi bahwa Hartati sakit sejak Trisno dan Rahayu pergi dari rumah. Mereka berdua pergi ke gunung. Rahayu mengakui bahwa ia mencintai Trisno dan tidak akan melepasnya. Perbincangan pun berakhir kala Ibu meminta Rahayu masuk ke kamar dan menemui Hartati.

B.     Semiotik (Landasan Teori)

Semiotik berasal dari bahasa Yunani, yaitu semeion yang berarti tanda. Semiotik diperkenalkan oleh dua tokoh, yakni Ferdinand de Saussure dan Charles Sander Peirce. Kedua tokoh tersebut mengembangkan ilmu semiotika dalam bidang yang berbeda secara terpisah. Saussure di Eropa dan Peirce di Amerika Serikat. Latar belakang keilmuan Saussure adalah linguistik, sedangkan Peirce dikenal sebagai ahli filsafat. Saussure menyebut ilmu yang dikembangkannya semiologi. Hal ini sesuai dengan pernyataan berikut.
·           Adapun semiotik itu (kadang-kadang juga dipakai istilah semiologi) ialah ilmu yang secara sistematik mempelajari tanda-tanda dan lambang-lambang (semeion, bahasa Yunani = tanda), sistem-sistem lambang dan proses-proses perlambangan (luxemburg, 1984:44).
·           Tokoh yang dianggap pendiri semiotik adalah dua orang yang hidup sezaman, yang bekerja dalam bidang yang terpisah dan dalam lapangan yang tidak sama (tidak saling memengaruhi), yang seorang ahli linguistik yaitu Ferdinand de Saussure (1857-1913) dan seorang ahli filsafat yaitu Charles Sander Peirce (1839-1914). Saussure menyebut ilmu semiotik dengan nama semiologi, sedangkan Pierce menyebutnya semiotik (semiotics). Kemudian hal itu sering dipergunakan berganti-ganti dengan pengertian yang sama. Di Perancis dipergunakan nama semiologi untuk ilmu itu, sedang di Amerika lebih banyak dipakai nama semi­otik (Pradopo, 2005:119).
Inti dari kontribusi semiotik Saussure adalah rancangan bagi teori umum tentang sistem tanda yang disebut semiologi. Istilah semiologi muncul diciptakan oleh Saussure sendiri untuk menandai belum adanya ilmu pengetahuan umum tentang tanda. Menurut Saussure, tanda sebagai kesatuan dari dua bidang yang tidak dapat dipisahkan, seperti halnya selembar kertas. Di mana ada tanda di sana ada sistem. Artinya, sebuah tanda (berwujud kata atau gambar) mempunyai dua aspek yang ditangkap oleh indra kita yang disebut dengan signifier, bidang penanda atau bentuk dan aspek lainnya yang disebut signified, bidang petanda atau konsep atau makna. Aspek kedua terkandung di dalam aspek pertama. Jadi petanda merupakan konsep atau apa yang dipresentasikan oleh aspek pertama.
Menurut Peirce, semiotik adalah pembelajaran mengenai sifat-sifat dasar dan variasi asas-asas yang memungkinkan dalam semiosis. Istilah semiosis berasal dari risalah Epicurean filosofis Philodemus. Pierce menjelaskan bahwa semiosis mengandung makna perbuatan yang hampir terdapat dalam berbagai macam tanda dan pengertian saya ini merujuk pada sesuatu perbuatan yang berlabel tanda   (Winfrid North, 1990:42)
Menurut Pierce, tanda (representamen) ialah sesuatu yang dapat mewakili sesuatu yang lain dalam batas-batas tertentu. Tanda akan selalu mengacu ke sesuatu yang lain, oleh Pierce disebut objek (denotatum). Mengacu berarti mewakili atau menggantikan. Tanda baru dapat berfungsi bila diinterprestasikan dalam benak penerima tanda melalui interpretant. Jadi interpretant ialah pemahaman makna yang muncul dalam diri penerima tanda. Artinya, tanda baru dapat berfungsi sebagai tanda bila dapat ditangkap dan pemahaman terjadi berkat ground, yaitu pengetahuan tentang sistem tanda dalam suatu masyarakat.
Semiotik (semiotika) adalah ilmu tentang tanda-tanda. Ilmu ini menganggap bahwa fenomena sosial masyarakat dan kebudaya­an itu merupakan tanda-tanda. Semiotik mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, dan konvensi-konvensi yang memun­gkinkan tanda-tanda tersebut mempunyai arti. Dalam kritik sastra,  penelitian semiotik meliputi analisis sastra sebagai sebuah penggunaan bahasa yang bergantung pada (di­ukan) konvensi- konvensi tambahan dan meneliti ciri-ciri (sifat-sifat) wacana yang mempunyai makna (Pradopo, 2005:119).
Menurut pandangan semiotik, setiap tanda terdiri dari dua aspek, yaitu penanda (hal yang menandai sesuatu) dan petanda (referent yang diacu atau dituju oleh tanda ter tentu).  
Dalam pandangan Zoest, segala sesuatu yang dapat diamati atau dibuat teramati dapat disebut tanda. Karena itu, tanda tidaklah terbatas pada benda. Adanya peristiwa, tidak adanya peristiwa, struktur yang ditemukan dalam sesuatu, suatu kebiasaan, semua ini dapat disebut tanda. Sebuah bendera kecil, sebuah isyarat tangan, sebuah kata, suatu keheningan, suatu kebiasaan makan, sebuah gejala mode, suatu gerak syaraf, peristiwa memerahnya wajah, suatu kesukaan tertentu, letak bintang tertentu, suatu sikap, setangkai bunga, rambut uban, sikap diam membisu, gagap, berbicara cepat, berjalan sempoyongan, menatap, api, putih, bentuk, bersudut tajam, kecepatan, kesabaran, kegilaan, kekhawatiran, kelengahan, semuanya itu dianggap sebagai tanda.
Tanda dalam hubungan dengan acuannya dibedakan menjadi tanda yang dikenal dengan ikon, indeks, dan simbol. Ikon adalah tanda yang antara tanda dengan acuannya ada hubungan kemiripan dan biasa disebut metafora. Contoh ikon adalah potret. Bila ada hubungan kedekatan eksistensi, tanda demikian disebut indeks. Contoh indeks adalah tanda panah petunjuk arah bahwa di sekitar tempat itu ada bangunan tertentu. Simbol adalah tanda yang diakui keberadaannya berdasarkan hukum konvensi. Contoh simbol adalah bahasa tulisan.
Selanjutnya dikatakan Pradopo (2005) bahwa dalam penelitian sastra dengan pende­katan semiotik, tanda yang berupa indekslah yang paling banyak dicari (diburu), yaitu berupa tanda-tanda yang menunjukkan hubungan sebab-akibat (dalam pengertian luasnya).
Semiotik merupakan lanjutan dari penelitian strukturalisme. Hubungan antara semiotik dan strukturalisme adalah sebagai berikut:  
(a)     Semiotik digunakan untuk memberikan makna kepada tanda-tanda sesudah suatu penelitian struktural.
(b)     Semiotik hanya dapat dilaksanakan melalui penelitian strukturalisme yang memungkinkan kita menemui tanda-tanda yang dapat memberi makna (Junus, 1988: 98).
Lebih lanjut Junus (1988: 98) menjelaskan bahwa pada (a) semiotik merupakan lanjutan dari strukturalisme. Pada (b) semiotik memerlukan untuk memungkinkan ia bekerja. Pada (a), semiotik seakan apendix ’ekor’, kepada strukturalisme. Tapi tidak demikian halnya pada (b). Untuk menemukan tanda, sesuai dengan pengertian sebagai ilmu mengenai tanda. Semiotik tidak dapat memisahkan diri dari strukturalisme, ia memerlukan strukturalisme . dan sekaligus, semiotik juga menolong memahami suatu teks secara strukturalisme.”
Keterangan di atas menunjukkan bahwa strukturalisme tidak dapat dipisahkan dengan semiotik, karena sastra itu merupakan struktur tanda-tanda yang bermakna. Dalam perkembangan ilmu sastra, beberapa teoritisi sastra menganggap bahwa semiotik dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk memperkuat sebuah analisis karya sastra setelah sebelumnya dilakukan terlebih dahulu analisis secara struktural. Seperti dikemukakan oleh Zaimar (1990 : 24) bahwa analisis struktural akan berhasil menampilkan bentuk karya, serta pelanggaran-pelanggaran terhadap konvensi karya sastra yang terdapat di dalamnya, namun analisis struktural tidak dapat memecahkan masalah pemahaman karya. Itulah sebabnya dilakukan analisis semiotik.
Berdasarkan uraian di atas, maka yang harus dilakukan dalam kajian semiotik adalah melihat semua itu sebagai tanda. Penganalisis harus selalu bertanya apakah tokoh, latar, alur, dan pengaluran, dan penceritaan di dalamnya itu merupakan sebuah tanda/simbol atau bukan.
C.    “Titik-titik Hitam” sebagai Penanda
Seperti yang telah diuraikan dalam landasan teori, penanda merupakan hal yang menandai sesuatu yang kemudian akan disebut petanda. Titik-titik Hitam sebagai judul dari naskah drama karangan Nasyah Djamin ini menarik diamati karena judul ini dapat dianalisis sebagai sebuah simbol yang memandakan suatu petanda tertentu.
Karena penulis ingin membuat suatu makalah yang penelitiannya secara deduktif, maka penulis harus memiliki hipotesis terlebih dahulu untuk mengartikan “Titik-titik Hitam”. Adapun hipotesis penulis adalah sebagai berikut:
1.      Titik-titik hitam menandakan suatu dosa atau aib
2.      Titik-titik hitam menandakan suasana yang suram atau hubungan tidak harmonis.
Atas dasar hipotesis inilah penulis akan mengaji naskah drama Titik-titik hitam. Pengajian pun akan  disesuaikan dengan landasan teori, yaitu petanda tersebut dapat ditelusuri dari tokoh dan latar. Dengan kata lain, unsur-unsur tersebut harus dapat menunjukkan kepada hal apa penanda yang dalam hal ini judul dimaksudkan. Oleh karena itu, penulis akan memaparkan satu persatu usur tersebut dan membahasnya dengan lebih rinci.
1.      Tokoh
a.       Adang
·         Adang menganggap Ibu berbuat fitnah
ADANG            :Cakap ibu sendirilah yang harus di jaga. Semua ini karena cakap Ibu. Fitnah sana, fitnah sini
IBU                 :Adang !
ADANG            :Bantahlah ibu tidak memfitnah selama ini! Selamanya mau merasa benar.
IBU                   :(Dengan suara yang menahan sabar) Kau seorang yang buta. Betul-betul buta, Adang!
ADANG          :Diulangi lagi fitnah itu! Diulangi?
IBU                   :Aku tidak pernag memfitnah siapapun. Kaulah yang buta dan tuli. Aku menyatakan kebenaran. Pikirmu tidak hancur hatiku menyatakan kebenaran yang begitu pahit selama ini padamu, pada Tati?
ADANG          :Jangan ulangi lagi fitnahmu itu, kubilang.
·         Adang terlalu cinta pada istrinya
ADANG            :Aku!? (tertawa pahit mengejek lagi) Aku tidak heran, orang berdosa melemparkan tuduhan kepada orang lain. Memang pencuri sendirilah yang meneriakkan orang lain jadi pencuri! Bagaimana masuk akal! Aku!! (dan kemudian ia menyambung dengan bangga) Ibu, tidakkah ibu sadar juga bagaimana teguhnya cintaku pada Tati? Betapa besarnya cinta Tati padaku?! Cobalah katakan, apa yang tidak aku lakukan buat Tati. Demi Tuhan, bila nyawaku ini bisa kuberikan pada Tati, bila bisa kurenggutkan dia dari maut! (sebagai putus asa suaranya yang akhir ini)
·         Adang terlalu memaksakan kehendak
ADANG           :Ia mesti sembuh. Mesti. Pak Gun Dokter, seorang Dokter!
·         Adang selalu meninggalkan Tati
IBU                   :Tapi belum pernah sekalipun saya ketahui mereka bertengkar. Tati selalu gembira hidupnya di samping Adang. Hanya yang kurang pada Adang, ialah dia selalu meninggalkan Tati sendiri di rumah. Sudah berkali-kali Adang beritahu jangan bersikap begitu. Terlalu sering dia dinas keluar kota, terlalu sering.
Dr. GUN          :Sudah lazim laki-laki harus dinas keluar kota untuk melakukan tugasnya. Saya sendiri kadang-kadang tidak banyak waktu terluang berkumpul dengan keluarga.
IBU                   :Soal pak Dokter lain. Tapi Tati kadang-kadang ditinggalkan Adang, berhari-hari, malah berminggu-minggu lamanya. Seorang istri tidak bisa sering-sering ditinggal begitu.
Kesimpulan:
Dari penggambaran di atas, jelas bahwa tokoh Adang memunyai beberapa kesalahan. Yaitu:
1.      Adang tidak percaya pada ucapan Ibu dan menganggap Ibu hanya memfitnah karena tidak suka pada hubungan mereka;
2.      Adang terlalu mencintai Haryati, bahkan cinta buta;
3.      Adang terlalu memaksakan kehendak; dan
4.      Adang sering pergi meninggalkan rumah dan meninggalkan istri di rumah.
Dengan bukti di atas, maka tokoh Adang mempunyai dosa atau aib. Maka hipotesis 1 terbukti.
b.      Hartati
·         Tati tidak ingin hidup lagi
IBU                   :Tak perlu sumpahmu itu. Hanya akan menambah berat penderitaannya saja!
ADANG           :Apa maksud Ibu.
IBU                 :Tati toh tidak menghendaki hidup ini lagi.
...........................
Dr. GUN          :Maaf Bu. Bukan maksud saya mencampuri hal rumah tangga orang lain. Tapi ini mengenai pasien saya: Tati. Saya terpikir-pikir, kenapa ia begitu bersikeras tidak mau membantu saya. Habis upaya saya. Sudah saya coba berkata padanya:”Tati, hiduplah. Beri isi kandunganmu itu hidup!” Tapi ia tetap berkata:”Terima kasih Pak Gun, jangan bersusah payah” Dia melengoskan kepalanya ke dinding, matanya dikatupkannya dengan pilu. Tidak mau peduli lagi ia pada apapun. Apa yang dapat saya buat lagi? Nampaknya ia terlalu malangm terlalu celaka. Sudahlah Bu, maafkan kelancangan saya yang terlanjur tadi.
...............................
Dr. GUN          :Ada yang putus dalam diri Tati sekarang ini. Seperti rantai kehilangan matanya. Dia tidak mau menyambungnya kembali. Itulah sulitnya. Sebagai ia sudah berserah diri, hanya menanti… (kemudian ia cepat menyambung, demi matanya beradu dengan mata ibu) Kita nantikan si Ayu, si Ayulah yang dinantikan oleh Tati. (dan sambil hendak membuka pintu kamar Hartati) Suruhlah dia masuk ke dalam kalau datang.
......................
IBU                  :Tak ada yang bisa menolong, dia sudah memilih. Sejak ia jatuh sakit malam-malam hujan lebat itu, pergi mencari kau, mencari Trisno, ia sudah memilih. Kau mengerti apa maksudku? (Dan demi melihat Rahayu tidak menjawab, ia mengulangi) Kau mengerti maksudku, Ayu? (Barulah Rahayumengangguk dan Ibu menyambung lagi). Memang begitu akhirnya, salah satu harus binasa. (Kemudian) Mana dia?
·         Haryati segan bertemu Adang dan malah terus mengharap kedatangan Rahayu
ADANG          :Kenapa si Ayu!? Kenapa Tati segan melihat aku!
............
ADANG           :Ayu, kenapa si Rahayu yang selalu ditanyakannya! Tidak bisakah cintaku menolong Tati? (dan karena Ibu bisu saja, ia jadi penasaran, dan suaranya sebagai berteriak) Ibu! Kenapa si Ayu? Kenapa?
IBU                 :Si Ayu adiknya!
ADANG           :Tapi itu mustahil. Ku suaminya, aku lebih rapat dengan dia.
IBU                  :(lama melihat Adang dengan rasa kasihan dan termangu. Kemudian ia mendekati Adang dan meletakkan tangannya ke bahu Adang, katanya lembut) Adang, sabarkanlah hatimu. Kita berdua bernasib sama. Aku, ibunya sendiri juga segan dia menerima.
·         Hartati tidak mengabari Adang dan Ibu tentang kehamilannya
Dr. GUN          :(Setelah diam sebentar) Ibu, pernah Tati berkata apa-apa pada ibu?
IBU                 :Tentang apa Pak Gun.
Dr. GUN          :Ya… Atau apa Adang sendiri? (Kemudian ia cepat menambah dengan) sudah lima tahun Tati dan Adang kawin, tidak Bu? (Ibu mengangguk tak mengerti dan Dr. Gun memandang Ibu tenang-tenang) Jadi, dia tidak pernah berkata apa-apa?
IBU                 :Bilanglah apa yang Pak Dokter katakana.
Dr. GUN          :(Setelah diam sebentar) Hartati dalam mengandung satu bulan.
IBU                   :Dia tak pernah mengatakannya. Kenapa sekarang baru Pak Gun katakana.
Dr. GUN         :Saya sangka Ibu atau Adang sudah tahu.
IBU                   :Kami belum tahu menahu. Kenapa dia tidak berkata.
·         Hartati yang berwatak keras hati berebut seorang pria (kemungkinan Trisno) dengan Rahayu
RAHAYU         :Pak Gun tidak tahu apa yang terjadi antara saya dan Tati.
Dr. GUN         :Yang sudah-sudah jangan dipikir lagi.
RAHAYU         :Aku bisa melupakannya. Tapi Tati! Pak Gun, hatinya penuh benci padaku. Tidak bisa ia memaafkan aku. (Setelah diam ia menyambung lagi) Kami bertengkar, Pak Gun. Itulah maka aku pergi dari rumah ini. Begitu kasar ia menghina aku, hatiku penuh benci meluap-luap dan ia kutempeleng. Rumah ini seperti neraka bagiku, karena dia. Dia yang berwatak kera hati, pantang mundur. Dia tidak mau kalah, aku yang harus selalu kalah.
Dr. GUN          :Perkelahian begitu tidak akan menerbitkan dendam yang sebesar kau sangka Ayu.
RAHAYU         :Ini bukan perkelahian kecil. Pak Gun. Tati dank u berkelahi karena memperebutkan seseorang (memandang Dr. Gun) Tak usahlah aku menyebut-nyebutnama. Selalu aku yang harus kalah oleh Tati. Dan perkatannya, begitu menusuk hatiku (tertawa pahit). Ayu, Ayu katanya. Cobalah rebut dia, kau toh sudah berpengalaman dua tahun yang lalu dengan kejalanganmu! Pak Gun, aku toh jalang, seorang jalang, tidak?
Dr. GUN           :Ayu! Jangan ucapkan kata itu lagi.
RAHAYU         :Maafkan Pak Gun. (Kemudian menyambung) Tati tidak mau melepakannya. O, bila tidak kukuasai diriku waktu itu, bisa aku membunuhnya. (diam pula sejenak, dan kemudian dengan menggeleng ia berkata) Kini ia jatuh dan patah. Aku yang mematahkannya! Benci aku pada diriku, aku muak dengan kemenanganku. Pak Gun, bisa aku memberikan padanya kemauan untuk hidup itu lagi? Sesudah ia kupatahkan?
Kesimpulan:
Dari penggambaran di atas, jelas bahwa tokoh Hartati memunyai beberapa kesalahan. Yaitu:
1.      Tati tidak ingin hidup lagi;
2.      Haryati segan bertemu Adang (suaminya) dan malah terus mengharap kedatangan Rahayu;
3.      Hartati tidak mengabari Adang dan Ibu tentang kehamilannya; dan
4.      Hartati yang berwatak keras hati berebut seorang pria (kemungkinan Trisno) dengan Rahayu. Padahal Hartati sudah bersuami.
Dengan bukti di atas, maka tokoh Hartati mempunyai dosa atau aib. Maka hipotesis 1 terbukti.
c.       Trisno
·         Trisno melukis wajah Hartati
IBU                   :Itu potret Tati. Trisno yang melukisnya. Persisi ya, pak Dokter?
Dr. GUN         :Ya, seperti Tati sendiri.
IBU                   :Cuma di lukisan itu rambutnya tidak digelung. Ia lebih manis bila bersanggul. Rambutnya begitu hitam, panjang, lemas dan subut. Ya, tak tahulah kesukaan orang sekarang. Lucu rambut model buntut kuda itu. Ada-ada saja selera orang sekarang (Ibu tertawa, juga Dr. Gun ikut tertawa).
Dr. GUN          :Sayang, tidak selesai lukisan itu. Kapan ia di lukis Trisno?
IBU                  :Itu sebulan yang lalu dimulainya. Dia melukis kapan hatinya tergerak saja. Lagipun ia tak disini lagi tinggal.
·         Trisno pergi sehari setelah Ayu pergi dari rumah
IBU                   :Saya sendiri kurang tahu pak Gun. Pergi pindah dari rumah ini, juga tidak meminta diri pada saya. Saya hanya dapat beritanya saja. Katanya ia mencari pondokan lain yang dekat dengan kantor pekerjaannya. Itu sepuluh hari yang lalu. Ada sekali saya menemuinya ke tempat barunya itu, tapi ia tak di rumah. (Sesudah diam sejurus) Sehari sesudah Ayu pergi, Trisno juga pindah dari sini.
Dr. GUN         :Mereka akan kawin?
IBU                   :Ayu dan Trisno? Dari siapa Pak Gun Dapat kabar?
Dr. GUN         :Adang pernahmengatakan.
·         Trisno pergi ke gunung bersama Rahayu
IBU                 :Kemana saja kalian berdua selama ini.
RAHAYU       :Ke gunung.
IBU                   :Ke gunung. Berdua-duaan saja. Seperti laki istri. Pantas perbuatanmu itu!
RAHAYU       :Dia perlu rawatan, perlu teman.
IBU                 :Dia bukan muhrimmu, bukan suamimu.
RAHAYU       :Ibu, Dia perlu hawa segar di gunung.
IBU                  :Buat apa kau ikut dengan dia. Dia bisa pergi sendiri. Dia bukan adikmu, bukan kakakmu, bukan saudaramu…!
Kesimpulan:
Penggambaran di atas, menunjukkan tokoh Trisno memunyai beberapa kesalahan. Yaitu:
1.      Trisno menlukis wajah Hartati yang secara tidak langsung menunjukkan adanya hubungan antara mereka. Padahal Hartati merupakan istri kakak kandungnya sendiri;
2.      Trisno pergi sehari setelah Rahayu pergi. Ini menunjukkan bahwa Trisno juga mencintai Rahayu adik kandung Hartati; dan
3.      Trisno pergi ke gunung berdua saja dengan Rahayu. Padahal Trisno bukan mahram Rahayu.
Dengan bukti di atas, maka tokoh Trisno mempunyai dosa atau aib. Maka hipotesis 1 terbukti.
d.      Rahayu
·         Rahayu pergi dari rumah
IBU        :Saya sendiri kurang tahu pak Gun. Pergi pindah dari rumah ini, juga tidak meminta diri pada saya. Saya hanya dapat beritanya saja. Katanya ia mencari pondokan lain yang dekat dengan kantor pekerjaannya. Itu sepuluh hari yang lalu. Ada sekali saya menemuinya ke tempat barunya itu, tapi ia tak di rumah. (Sesudah diam sejurus) Sehari sesudah Ayu pergi, Trisno juga pindah dari sini.
·         Rahayu merasa sudah dewasa dan sering berbuat sesuka hatinya
IBU        :Tak tahulah saya. Anak-anak sekarang berbuat sesuka hatinya saja. Orang tua sudah tidak diajak berunding lagi. Tak ada yang disegani dan dihormati lagi. Saya tak mengerti. (tertawa pahit) Mungkin sayalah yang sudah terlalu kolot, tidak bisa mengerti jiwa dan kemauan anak-anak sekarang. Di rumah ini Ayu tidak kurang apa-apa. Saya tidak melarang dia dalam pergaulannya sehri-hari, saya tidak mencampuri hidupnya. Tapi ia penuh dengan pikiran-pikiran merdeka, tidak mau diikat dan ditentukan orang lain. Pak Gun, hati saya ini hancur sudah memikirkan Ayu. Hancur karena saya tidak bisa berbuat apa-apa. Sudah terlepas sama sekali ia dari saya. Ia terlalu keras kepala, keras hati. O,  bila terjadi lagi seperti dua tahun yang lalu….
...............
RAHAYU         :(Suara menantang) Bapak Gun masih memandang aku seperti anak-anak. Tidak, Pak Dokter. Aku bukan Ayu 10 tahun yang lalu, yang menangis bila melihat jarum suntik Dokter. Aku sudah dewasa. Pak Gun lupa itu!
Dr. GUN          :(tersenyum) Berapa umurmu sekarang Ayu?
RAHAYU         :Aku? Dua puluh dua!
RAHAYU         :(Merasa dianak kecilkan) Pak Gun! (berdiri geram menghentak lantai dengan kakinya). Aku bukan anak-anak lagi! Aku kecewa melihat Pak Gun, kecewa. Pak Dokter masih memandang perempuan seperti makhluk yang harus dilindungi seperti anak kecil! Bah, aku sanggup berdiri sendiri, aku tahu apa yang kulakukan. Dengan kesadaran! Mau Pak Dokter, aku jangan tinggalkan pelukan orang tua. Jadi anak manis di rumah, tidak perlu payah-payah, semua akan diatur oleh orang tua! Begitu? Ya, akulah contoh anak yang tidak membalas guna pada orang tua, tidak? (tertawa sinis)

·         Rahayu tidak suka dinasehati
Dr. GUN          :Bila kau sayang pada ibumu, hormatilah dia. Sudah terlalu makan hati ia karenakelakuan-kelakuanmu. Sudah terlalu hancur dia melihat nasibmu yang malang, melihat keadaan yang menimpa Hartati.
RAHAYU         :Pak Dokter. Simpanlah nasihat-nasihat bapak itu, aku tak perlu.  Dan kalau ada maksud Bapak mau mengatakan sesuatu, katakanlah terus terang, tak usah berputar-putar. (tertawa pahit sambil berkata lagi) Jadi toh Pak Gun menganggap akulah yang membawa bencana di rumah ini. Karena kepindahanku, Tati binasa, hati Ibu hancur? Semua karena aku. Tidak begitu, tidak?
.......................
RAHAYU         :(tertawa mengejek) Perlukah Dokter berkuliah tentang kemerdekaan padaku? Aku tahu dengan sadar, apa yang kukehendaki, aku sadar apa yang kulakukan, aku sadar apa yang kupilih.
·         Rahayu pernah menggugurkan kandungannya
RAHAYU         :Ya, Aku bukan gadis lagi. Supaya Dokter jangan lupa. (demi melihat muka Dokter Gun yang kurang merasa enak itu, ia meneruskan) Alla! Lihatlah! Takutnya lagi Dr. Gun pada perbuatannya sendiri.
Dr. GUN         :Kuharap kau menutup mulutmu itu Ayu!
RAHAYU         :(makin naik perangsangnya) aku harus berterima kasih, berterima kasih, pada Dokter Gun. Bencana itu telah Dokter hindarkan dari badanku ini. (sambil menepuk perutnya) Dua tahun yang lalu itu, tidak? Aku datang pada Dokter Gun dengan air mata bercucuran, minta bibit yang mulai hidup di perutku ini, digugurkan! Tidak?
Dr. GUN         :Tidak mau diam kau, Ayu!
RAHAYU         :(sebagai orang kemasukan) Dan bibit nyawa itu Dokter gugurkan dengan rahasia. Rahasia antara kita berdua saja! O, aku masih budak  kecil, waktu itu, masih hijau.
·         Rahayu melakukan perzinahan dengan sadar
Dr. GUN          :Ya. Kesadaran! (tertawa mengejek) Dengan kesadaran kau lakukan dosamu dengan laki-laki waktu itu?
RAHAYU         :Ya. Dengan sadar!
Dr. GUN          :Begitu? Dan setelah kau ditinggalkannya, kau datang padaku, minta aku jadi sekutumu, membunuh nyawa di kandunganmu?
RAHAYU         :Dokter, dosa pembunuhan itu dosa kita berdua. Tidak kau tahu itu? (tertawa)
·         Rahayu mencintai dunia dan diri sendiri
Dr. GUN          :(lebih menghina) Orang seperti kau ini? Yang begitu cinta pada dunia, yang begitu cinta pada diri sendiri? Hah, kau hanya bisa berkata, bahwa kau berbuat dengan sadar, memilih dengan sadar, tapi tidak berani memikul akibat perbuatanmu yang merdeka itu.
·         Rahayu dan Hartati pernah bertengkar memperebutkan untuk memperebutkan seseorang (mungkin Trisno)
RAHAYU         :Pak Gun tidak tahu apa yang terjadi antara saya dan Tati.
Dr. GUN          :Yang sudah-sudah jangan dipikir lagi.
RAHAYU         :Aku bisa melupakannya. Tapi Tati! Pak Gun, hatinya penuh benci padaku. Tidak bisa ia memaafkan aku. (Setelah diam ia menyambung lagi) Kami bertengkar, Pak Gun. Itulah maka aku pergi dari rumah ini. Begitu kasar ia menghina aku, hatiku penuh benci meluap-luap dan ia kutempeleng. Rumah ini seperti neraka bagiku, karena dia. Dia yang berwatak kera hati, pantang mundur. Dia tidak mau kalah, aku yang harus selalu kalah.
Dr. GUN          :Perkelahian begitu tidak akan menerbitkan dendam yang sebesar kau sangka Ayu.
RAHAYU         :Ini bukan perkelahian kecil. Pak Gun. Tati dank u berkelahi karena memperebutkan seseorang (memandang Dr. Gun) Tak usahlah aku menyebut-nyebutnama. Selalu aku yang harus kalah oleh Tati. Dan perkatannya, begitu menusuk hatiku (tertawa pahit). Ayu, Ayu katanya. Cobalah rebut dia, kau toh sudah berpengalaman dua tahun yang lalu dengan kejalanganmu! Pak Gun, aku toh jalang, seorang jalang, tidak?
·         Rahayu yang membuat Haryati sakit
RAHAYU               :Maafkan Pak Gun. (Kemudian menyambung) Tati tidak mau melepakannya. O, bila tidak kukuasai diriku waktu itu, bisa aku membunuhnya. (diam pula sejenak, dan kemudian dengan menggeleng ia berkata) Kini ia jatuh dan patah. Aku yang mematahkannya! Benci aku pada diriku, aku muak dengan kemenanganku. Pak Gun, bisa aku memberikan padanya kemauan untuk hidup itu lagi? Sesudah ia kupatahkan?
·         Rahayu pergi ke gunung berdua bersama Trisno
IBU                   :Kemana saja kalian berdua selama ini.
RAHAYU         :Ke gunung.
IBU                   :Ke gunung. Berdua-duaan saja. Seperti laki istri. Pantas perbuatanmu itu!
RAHAYU         :Dia perlu rawatan, perlu teman.
IBU                   :Dia bukan muhrimmu, bukan suamimu.
RAHAYU         :Ibu, Dia perlu hawa segar di gunung.
·         Rahayu telah menyakiti hati Ibu
RAHAYU       :Sudahlah Ibu. Aku tidak mau menyakiti hati Ibu.
IBU                 :Kau sudah menyakiti hatiku. Sudah hancur hati ini.
Kesimpulan:
Penggambaran di atas, menunjukkan tokoh Rahayu memunyai beberapa kesalahan. Yaitu:
1.      Rahayu pergi dari rumah;
2.      Rahayu merasa sudah dewasa hingga tidak mau diatur-atur, menolak nasehat orang lain, selalu berbuat sesuka hatinya;
3.      Rahayu melakukan perzinahan dengan sadar;
4.      Rahayu pernah menggugurkan kandungannya;
5.      Rahayu bertengkar dengan Haryati untuk memperebutkan seseorang yang kemungkinan adalah Trisno; dan
6.      Rahayu membuat Ibu sakit hati.
Dengan bukti di atas, maka tokoh Rahayu mempunyai dosa atau aib. Maka hipotesis 1 terbukti.
e.       Ibu
·         Ibu kurang suka pada perkawinan Adang dan Hartati
ADANG           :(menepis udara dengan tangannya, menunjukkan kesalnya) Tak usahlah Ibu cakap-cakap tentang derita. Yang ibu kehendaki kehancuran hidupku. Kehancuran Tati. Tidak? Itulah yang ingin ibu lihat. Lihatlah, lihat puas-puas hidup kami yang sudah jadi puing ini. (Ibu sebagai orang kena pukul oleh kata-kata Adang yang tidak memberinya kesempatan membuka mulut) Begitu besar cintanya Ibu pada anak? Dari dulu Ibulah yang kurang suka pada perkawinan kami. Tapi cinta Tati dan aku lebih besar dan lebih kuat. Itu yang mau Ibu hancurkan. Bila Ibu memang benci pada diriku, kenapa tidak aku  sendiri yang diracun? Sekali inilah baru aku melihat seorang ibu yang sampai hati menghancurkan hidup anaknya sendiri. Dan masih bisa berkata ia cinta pada anaknya. Masih bisa berkata, deritanya sudah sampai kepuncaknya! (lalu geramnya bertambah nyala melihat Ibu yang diam menunduk sebagai tak mendengarkan itu) Puas? Puas Ibu sekarang sudah! (suaranya begitu leking)
Kesimpulan:
Penggambaran di atas, menunjukkan tokoh Ibu memunyai satu kesalahan. Yaitu tidak terlalu suka pada pernikahan Adang dan Hatati.
Bukti tersebut menunjukkan tokoh Ibu mempunyai kesalahan. Maka hipotesis 1 terbukti.
f.       dr.Gun
·         dr. Gun melakukan tindak aborsi terhadap kehamilan Rahayu
RAHAYU         :Ya, Aku bukan gadis lagi. Supaya Dokter jangan lupa. (demi melihat muka Dokter Gun yang kurang merasa enak itu, ia meneruskan) Alla! Lihatlah! Takutnya lagi Dr. Gun pada perbuatannya sendiri.
Dr. GUN          :Kuharap kau menutup mulutmu itu Ayu!
RAHAYU         :(makin naik perangsangnya) aku harus berterima kasih, berterima kasih, pada Dokter Gun. Bencana itu telah Dokter hindarkan dari badanku ini. (sambil menepuk perutnya) Dua tahun yang lalu itu, tidak? Aku datang pada Dokter Gun dengan air mata bercucuran, minta bibit yang mulai hidup di perutku ini, digugurkan! Tidak?
Dr. GUN          :Tidak mau diam kau, Ayu!
RAHAYU         :(sebagai orang kemasukan) Dan bibit nyawa itu Dokter gugurkan dengan rahasia. Rahasia antara kita berdua saja! O, aku masih budak  kecil, waktu itu, masih hijau.
Kesimpulan:
Penggambaran di atas, menunjukkan tokoh dr. Gun memunyai satu kesalahan. Yaitu melakukan tindak aborsi atas kandungan Rahayu.
Bukti tersebut membuktikan tokoh dr. Gun  memiliki aib atau dosa. Maka hipotesis 1 terbukti.

2.      Latar
a.       Latar Waktu
Latar waktu pada drama Titik-titik Hitam karya Nasyah Djamin ini adalah malam hari
Ketika itu malam baru tiba, di luar hujan turun. Ruangan terbenam dalam suasana suram. Di sebuah dipan duduklah ibu diam tunduk sebagai orang bersemadi. Suara langkah Adang yang mondar mandir itu terasa kosong lengang. Ia gelisah. Seketika Adang terhenti di depan pintu kamar Hartati yang tertutup rapat, ada tergerak ia hendak membuka, tapi demi ia sadar dan berpaling, matanya beradu dengan mata ibu yang kini memperhatikannya. Pintu tak jadi dibukanya, Ia mondar mandir lagi. Cekung kurus dan letih ia kelihatan dengan jambangnya, kumis dan janggut yang tak cukur beberapa hari itu, dan Ibu yang tidak tahan mendengar suara langkahnya itu menegur.
b.      Latar Tempat
Latar tempat pada drama Titik-titik Hitam karya Nasyah Djamin adalah di ruang depan rumah Adang. Rumah yang sepi dan suram.
Peristiwa terjadi di ruang depan rumah Adang. Dan sasaran penempatannya menunjukkan si penghuni memahami selera moderen, sederhana dan bersih. Di dinding bergantungan lukisan-lukisan. Di sebuah sudut kamar, terpampang sebuah potret lukisan Hartati di atas standar. Lukisan ini baru selesai muka dan lehernya, bagian lainnya baru merupakan sket saja.
..................
Dr. GUN  :  O, bukan itu. Tapi saya merasa begitu sunyi di rumah ini. Sedang di lukisan itergambar wajah Tati yang begitu bahagia, begitu gembira. Seolah-olah terdengar oleh saya gelak dan tertawanya yang cemerlang. (ia tiba-tiba tertegun melihat Ibu agak suram).
IBU          :  Apa yang Pak Dokter katakan itu benar. Rumah ini sepi dan suram.
Kesimpulan:
Penggambaran diatas menunjukkan bahwa cerita terjadi dalam suasana malam yang identik dengan kegelapan dengan latar tempat yang suram. Apabila paduan latar waktu dan tempat ini dikaitkan dengan situasi percakapan tiap tokoh yang penuh dengan konflik dan ketidakharmonisan, maka hipotesis 2 terbukti.





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Untuk mengaji suatu karya sastra diperlukan kesesuaian karya sastra yang dikaji dengan pendekatan yang dipakai untuk mengajinya. Dalam makalah ini, penulis merasa tertarik terhadap suatu naskah drama yang berjudul Titik-titik Hitam karya Nasyah Djamin. Yang menarik pada naskah drama ini adalah judulnya yang penulis duga mengandung arti tertentu.
Dengan anggapan tersebut, penulis mencoba menganalisis dan mengaji naskah drama tersebut dengan pendekatan semiotik. Yaitu pendekatan yang menekankan sesuatu sebagai tanda bagi sesuatu yang lain. Sesuatu yang penulis rasa merupakan penanda bagi petanda yang lain pada naskah ini terletak pada judulnya yaitu “Titik-titik Hitam”. Penulis merasa “Titik-titik Hitam” ini menandakan sesuatu yang lain yang jawabanya dapat ditelusuri dengan menganalisis naskah ini secara saksama.
Setelah mencoba membaca naskah drama tersebut, penulis dapat merumuskan dua buah hipotesis yang harus dibuktikan. Hipotesis tersebut adalah (1) Titik-titik hitam menandakan suatu dosa atau aib; dan (2) Titik-titik hitam menandakan suasana yang suram atau hubungan tidak harmonis.
Setelah penulis menganalisis, akhirnya penulis menemukan jawaban bahwa hipotesis yang penulis rumuskan ternyata terbukti. Hingga penulis sampai pada kesimpulan judul “Titik-titik Hitam” merupakan suatu penanda bagi dosa atau aib dan suasana yang suram atau hubungan yang tidak harmonis dalam drama tersebut.
B.     Saran
Saat melakukan pengajian terhadap naskah drama “Titik-titik Hitam”, penulis merasa kesulitan untuk memetakan konsep kajian yang akan penulis tuangkan dalam bentuk tulisan. Hal ini dikarenakan terbatasnya kemahiran dan pengalaman  penulis dalam mengaji suatu karya sastra terlebih drama. Oleh karena itu, penulis menyarankan pada para pembaca makalah sederhana ini untuk terus memperdalam ilmu kajian dan terus membiasakan diri mengaji karya sastra agar tercipta suatu kajian karya sastra yang baik dan berkualitas.


DAFTAR PUSTAKA
Djamin, Nasyah. 2007. TITIK-TITIK HITAM. Yogyakarta: Studio Teater PPPG Kesenian Yogyakarta.
Maryani, Sri. 2010. “Kajian Drama Kejahatan Membalas Dendam Karya Idrus” ruangpendidikan.wordpress.com. [3 Maret 2010].
Febriyanto, Faisal dkk. 2012. KAJIAN SEMIOTIK GAGASAN HUMANISME DALAM NOVEL NOVUS ORDO SECLORUM KARYA ZAINUR RIDWAN. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
                        .           . “Nasyah Djamin” http://gudeg.net. [           ].

Komentar

Postingan Populer