Contoh Skenario Pembelajaran
MENYIMPULKAN ISI TEKS TERTULIS
DALAM KONTEKS BEKERJA
SKENARIO AJAR
disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Pembelajaran Membaca
yang
diberikan oleh:
Drs.
Encep Kusumah, M.Pd.
Disusun
oleh:
Adam
Rahmat Fauzan
0900816
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2013
Skenario Ajar
Bahasa Indonesia
Kelas XI Sekolah
Menengah Kejuruan
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan
bahasa Indoesia setara tingkat Madya.
Kompetensi
Dasar : Menyimpulkan isi teks
tertulis dalam konteks bekerja
1.
Siswa diperlihatkan teks di bawah ini
dan salah seorang siswa dipersilahkan untuk membaca nyaring teks tersebut.
Keselamatan
Kerja
Keselamatan kerja merupakan prioritas utama ketika seorang
pekerja sedang melakukan tugasnya. Oleh
karena itu, berbagai cara dilakukan oleh industru atau perusahaan untuk
melindungi keselamatan para pekerjanya baik keselamatan jiwa yang sifatnya
mematikan, maupun keselamatan jiwa raga yang membuat korban menjadi cacat
ringan atau cacat seumur hidup.
Untuk melindungi para pekerja agar tidak mengalami
kecelakaan, telah diproduksi berbagai alat untuk keselamatan pekerja. Berbagai
pelatihan telah diberikan kepada para pekerja agar terhindari dari kecalakaan
kerja dan penerapan peraturan yang dilaksanakan dengan disiplin kerja secara
ketat yang harus dilakukan oleh para pekerja ketika mereka sedang melakukan
tugasnya.
Berdasarkan data-data yang diberikan oleh para
industri dan perusahaan ternyata terjadi penurunan angka-angka kecelakaan
secara drastis, walaupun korban masih tetap ada. Tercatat jumlah korban
kecelakaan paling banyak terjadi pada sektor pertambangan, misalnya;
pengeboran, penggalian, maupun ketika sedang melakukan eksplorasi. Jumlah
korban kecelakaan kedua terbanyak adalah sektor konstruksi, baik konstruksi
bangunan gedung, maupun konstruksi bangunan pabrik, industri ataupun lainnya.
Kecelakaan ketiga terbanyak yaitu kecelakaan yang terjadi pada sektor
pertanian. Sedangkan sektor nonproduksi yang banyak menimbulkan korban adalah
sektor lalu lintas. Persentase terbanyak penyebabnya adalah karena faktor
kelalaian manusia.
Jaminan rasa aman bagi para pekerja dalam
melaksanakan tugasnya disamping perlindungan yang sifatnya teknis berupa
pemakaian alat-alat keselamatan kerja, pelatihan keselamatan kerja, serta
penerapan disiplin kerja, setiap pekerja juga dijamin dan dilindungi oleh
asuransi keselamatan pekerja yang menjamin biaya pengobatan apabila pekerja
mengalami kecelakaan yang membutuhkan biaya pengobatan dan perawatan, serta
jaminan apabila pekerja tersebut mengalami cacat secara permanen.
2.
Setiap siswa diberi salinan teks
tersebut.
3. Siswa
diarahkan untuk membentuk kelompok yang setiap kelompoknya beranggotakan empat
orang.
4. Masing
masing kelompok diminta untuk mencari ide pokok dari setiap paragraf pada teks
tersebut.
Bila
siswa belum dapat menemukan ide pokok, maka siswa akan diberi penjelasan
mengenai ide pokok seperti berikut:
Ide pokok terdapat dalam paragraf.
Biasanya ide pokok dinyatakan secara eksplisit maupun implisit dalam kalimat
utama.
5. Setiap
kelompok mencari ide pokok dengan bimbingan guru.
6. Setiap
kelompok membacakan hasil pencarian mereka hingga ditemukan
ide pokonya adalah sebagai berikut:
ide pokonya adalah sebagai berikut:
Paragraf 1:
Keselamatan
kerja merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang bekerja.
Paragraf 2:
Berbagai
upaya dilakukan untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan.
Paragraf 3:
Data
tentang penurunan angka kecelakaan dan urutan sektor industri yang menelan
banyak korban kecelakaan.
Paragraf 4:
Jaminan
asuransi bagai para pekerja disamping upaya lain yang menjamin keselamatan
pekerja.
7. Setiap
kelompok diminta untuk membuat rangkuman dari wacana tersebut. Bila siswa
kesulitan dalam membuat rangkuman, guru memberi penjelasan sederhana seperti:
Rangkuman tidak jauh berbeda dengan
ringkasan. Untuk membuat rangkuman, ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Baca
kembali teks dengan saksama!
2.
Temukan
ide pokok setiap paragraf teks tersebut!
3.
Gabungkan
ide-ide pokok tersebut sebingga menjadi karangan singkat!
4.
Agar
padu, tambahkan kata, frasa, atau kalimat di antara ide-ide pokok tersebut!
8. Setiap
kelompok membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
9. Setiap
kelompok membacakan rangkuman mereka hingga dapat ditemukan rangkuman seperti
berikut:
Keselamatan
kerja merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang bekerja. Berbagai
upaya telah dilakukan untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan.
Berdasarkan data yang telah didapat, angka kecelakaan kerja telah menurun
meskipun masih terjadi kecelakaan pada beberapa sektor. Upaya lain yang
menjamin keselamatan pekerja adalah jaminan asuransi.
10. Siswa
diarahkan menuju materi membuat simpulan.
11. Siswa
ditanya tentang pengertian simpulan.
12. Siswa
diarahkan pada pengertian simpulan yang tepat dan dieberi penjelasan tentang
cara menyimpulkan suatu teks.
Simpulan adalah bagian ringkas yang
mengungkapkan gagasan utama dari suatu uraian atau pembicaraan dengan memberi
penekanan ide pokok serta penyelesaian permasalahan yang diungkapkan. Bahasa
yang digunakan dalam simpulan sangat mewakili pokok-pokok persoalan dan
penyelesaian yang diungkapkan dalam tulisan tersebut.
Dalam penyusunan simpulan, kita
dapat bertolak pada pola bernalar deduktif dan induktif.
Hal-hal yang perlu kita perhatikan
dalam membuat simpulan:
1.
Tulisan
simpulan merupakan inti dari suatu uraian atau pembicaraan mengarah pada
penyelesaian suatu persoalan yang diungkapkan dalam suatu bahasan atau
karangan.
2.
Tulisan
simpulan harus menjiwai bagian uraian yang panjang secara keseluruhan, sehingga
pembaca tidak perlu membaca atau mengingat kembali inti persoalan.
3.
Tulisan
simpulan harus mengingat kembali inti persoalannya dalam memahami kembali ide
sentral dari suatu bahasan atau karangan yang kemudian dihubungkan dengan
penyelesaiannya sebagai suatu solusi.
13. Kelompok
dibagi berdasarkan hitungan ganji dan genap.
14. Kelompok
hitungan ganjil diminta utuk menyimpulkan teks secara deduktif.
15. Kelompok
hitungan genap diminta untuk menyimpulkan teks secara induktif.
16. Setiap
kelompok mengerjakan tugasnya dengan bimbingan guru.
17. Setiap
kelompok membacakan hasil pekerjaan mereka. Simpulan yang diharapkan berhasil
dibut siswa setidaknya sebagai berikut:
a. Simpulan
deduktif
Keselamatan pekerja
merupakan prioritas utama ketika seorang pekerja sedang bekerja. Oleh karena
itu meskipun angka kecelakaan semakin menurun, namun berbagai upaya seperti
asuransi keselamatan bagi para pekeja dilakukan untuk melindungi para pekerja
dari kecelakaan.
b. Simpulan
induktif
Meskipun angka
kecelakaan semakin menurun, namun berbagai upaya seperti asuransi keselamatan
bagi para pekerja dilakukan untuk melindungi para pekerja dari kecelakaan. Hal
itu dilakukan karena keselamatan pekerja merupakan prioritas utama ketika
seorang pekerja sedang bekerja.
18. Setiap
siswa diminta untuk menuliskan pengalaman belajar mereka kali ini dalam secarik
kertas.
19. Setiap
siswa ditugaskan untuk mencari sebuah teks dalam konteks bekerja, kemudian
membuat simpulannya.
Komentar
Posting Komentar