Serba-serbi meN-


1.      Pengertian
MeN- merupakan salah satu afiks yang dikelompokkan dalam jenis prefiks. Untuk memahami pengertian dari prefiks, berikut ini adalah pengertian prefiks yang diambil dari beberapa sumber:
·         Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan: “prefiks adalah imbuhan yang ditambahkan pada bagian awal sebuah kata dasar atau bentuk dasar.
·         Dalam Kamus Linguistik disebutkan: “prefiks adalah afiks yang ditambahkan pada bagian depan pangkal.
·         Dalam buku Kajian Morfologi (bentuk derivasional dan infleksional) disebutkan: “prefiks yaitu afiks yang diletakkan di depan bentuk dasar.

Jadi, secara sederhana prefiks dapat diartikan
sebagai afiks yang ditempatkan di bagian depan bentuk dasar.
Adapun afiks menurut para ahli adalah sebagai berikut:
·         Afiks merupakan bentuk terikat yang dapat ditambahkan pada awal, akhir atau tengah kata (Richards, 1992).
·         Afiks adalah bentuk terikat yang jika ditambahkan pada bentuk lain akan mengubah makna gramatikalnya (Kridalaksana,1993).
·         Affixes are added to bases or to various combinations of morphemes (Wardhaugh, 1997).
Dengan melihat pengertian dari afiks, maka akan didapat definisi prefiks secara lebih mendetail. Pengertian yang dapat dibentuk adalah kurang lebih sebagai berikut: “Prefiks merupakan bentuk terikat yang ditempatkan pada bagian depan bentuk dasar dan akan merubah makna gramatikal bentuk dasar yang ditempatinya.”

2.      Variasi Bentuk
Dalam Bahasa Inggris afiks yang ada tidak akan memengaruhi awalan pada kata dasar. Pada kata communication, possibility dan development,sufiks ion, ity dan ent tidak memengaruhi awal kata dasar yaitu com, pos dan dev. Namun dalam Bahasa Indonesia tidaklah demikian, afiks dalam bahasa indonesia bisa saja merubah bentuk dasar. Hal ini terutama terjadi pada prefiks, seperti yang ditulis oleh Susanto Atmosumarto dalam bukunya “A learner’s comprehensive dictionary of Indonesian” sebagai berikut:
Unlike English, affixation in Bahasa Indonesia affects all part of the roots: the front, the middle and the rear (they are respectively called prefix, circumfix and suffix). For example when prefix me- is applied to the roots to create operational words for everyday use, assimilation of sounds occur between the prefix and the initial letters of the roots. Therefore understanding this assimilation (sound changes) is important because it makes locating words ini Indonesian dictionaty easy.
Dalam pembentukan kata, prefiks meN- mengalami perubahan bentuk sesuai dengan kondisi morfem yang mengikutinya. N (kapital) pada prefiks meN- tidak bersifat bebas, tetapi akan mengalami perubahan bentuk sesuai dengan inisial morfem yang mengikutinya. Prefiks meN- dapat berubah menjadi me-, mem-, men-, meny-, meng-, menge-, keenam perubahan prefiks meN- tersebut disebut alomorf dari prefiks meN-.
Variasi bentuk yang terjadi pada afiks meN- (untuk sementara anggap saja bentuk awalnya me-) terjadi akibat dari adanya proses morfofonemik. Morfofonemik mempelajari perubahan-perubahan fonem yang timbul sebagai akibat pertemuan morfem dengan morfem lain. Dengan kata lain, proses morfofonrmik dapat diartikan sebagai proses perubahan bentuk yang diisyaratkan oleh jenis fonem atau morfem yang digabungkan.
Seperti proses morfofonemik yang terjadi pada afiks lain, proses morfofonemik yang terjadi pada afiks meN- adalah:
a.       Pengekalan fonem;
b.      Penambahan fonem;
c.       Peluluhan fonem.

2.1. Pengekalan Fonem
Tidak ada fonem yang berubah, tidak ada yang dilesapkan dan tidak ada yang ditambahkan. Hal ini terjadi jika meN- disandingkan dengan  bentuk dasar yang diawali dengan fonem /r,l,w,y,m,n,ng,ny/. Contoh:
a.       Disandingkan dengan /r/
meN + rawat                           merawat
meN + rias                               merias
meN + rasa                              merasa
b.      Disandingkan dengan /l/
meN + lirik                              melirik
meN + lamun                           melamun
meN + lacak                            melacak
c.       Disandingkan dengan /w/
meN + wabah                          mewabah
meN + warnai                          mewarnai
meN + warisi                           mewarisi
d.      Disandingkan dengan /y/
meN + yakini                           meyakini
meN + yatim                           meyatim
e.      Disandingkan dengan /m/
meN + makan                          memakan
meN + minum                         meminum
meN + masak                          memasak
f.       Disandingkan dengan /n/
meN + nanti                            menanti
meN + nikah                            menikah
meN + naiki                             menaiki
g.      Disandingkan degan /ng/
meN + ngeong                         mengeong
meN + ngotek                         mengotek
meN + ngerikan                      mengerikan
h.      Disandingkan dengan /ny/
meN + nyanyi                          menyanyi
meN + nyala                            menyala
meN + nyalang                        menyalang

2.2. Penambahan Fonem
Penambahan fonem nasal /m,n,ng,dan nge/
a.       Penambahan fonem /m/ terjadi apabila meN- disandingkan dengan  bentuk dasar yang diawali dengan fonem/b/ dan /f/. Contoh:
meN + babat                           membabat
meN + bakar                           membakar
meN + beri                              memberi

meN + foto                             memfoto
meN + fitnah                           memfitnah
meN + fasilitasi                       memfasilitasi

b.      Penambahan fonem nasal /n/ terjadi apabila meN- disandingkan dengan  bentuk dasar yang diawali dengan fonem /d/. Contoh:
meN + derita                           menderita
meN + dengar                         mendengar
meN + dapat                           mendapat

c.       Penambahan fonem nasal  /ng/ terjadi apabila meN- disandingkan dengan  bentuk dasar yang diawali dengan fonem /g, h, kh, a, i, u, e,dan o/. Contoh:
meN + ganggu                                    menganggu
meN + gantung                       manggantung
meN + gertak                          mengertak

meN + hirup                            menghirup
meN + hambat                                    menghambat
meN + hitam                           menghitam

meN + khitan                          mengkhitan
meN + khayal                          mengkhayal
meN + khusus                         mngkhusus

meN + ajar                              mengajar
meN + ambil                           mengambil
meN + asuh                             mengasuh

meN + intip                             mengintip
meN + induk                           menginduk
meN + iringi                            mengiringi

meN + unduh                          mengunduh
meN + umbar                          mengumbar
meN + ungkap                                    ungkap

meN + ekor                             mengekor
meN + edarkan                       mengedarkan
meN + elus                              mengelus

meN + obral                            mengobral
meN + obrol                            mengobrol
meN + obati                            mengobati

d.      Penambahan fonem nasal /nge/ meN- disandingkan dengan  bentuk dasar yang hanya terdiri dari satu silaba (suku kata). Contoh:
meN + bom                             mengebom
meN + cat                               mengecat
meN + tes                                mengetes

2.3. Peluluhan Fonem
Terjadi apabila prefiks meN- diimbuhkan pada bentuk dasar yang dimulai dengan fonem   /s, k, p, dan t/. Dalam hal ini konsonan /s/ diluluhkan dengan nasal /ny/, konsonan /k/ diluluhkan dengan nasal /ng/, konsonan /p, t/ diluluhkan dengan nasal /n/. Contoh:
meN + susut                            menyusut
meN + saring                           menyaring
meN + susu                             menyusu

meN + kirim                            mengirim
meN + kaji                              mengaji
meN + kuat                             menguat

meN + pasang                         memasang
meN + pasung                         memasung
meN + pinang                         meminang

meN + tabrak                          menabrak
meN + terima                          menerima
meN + tarik                             menarik

3.      Pembentukan Kata
Prefiks meN- dapat disandingkan dengan golongan kata ajektiva, verba, nomina dan golongan kata lain. Contonya adalah sebagai berikut:
1)      Kata Ajektiva
Contoh:
a.       Lebar                melebar
b.      Luas                  meluas
c.       Tinggi               meninggi

2)      Kata verbal
Contoh:
a.       Makan              memakan
b.      Masak               memasak
c.       Turun                menurun

3)      Kata nominal
Contoh:
a.       Darat                mendarat
b.      Batu                  membatu
c.       Rokok               merokok

4)      Kata-kata golongan lain
Contoh:
a.       Aduh                mengaduh
b.      Satu                  menyatu
Prefiks meN- dapat bervariasi dengan afiks-afiks lain seperti berikut:
a.       me-kan
contoh:
me+resmi+kan                          meresmikan
me+alir+kan                             mengalirkan
me+tidur+kan                           menidurkan

b.      me-i
contoh:
me+duduk+i                             menduduki
me+pukul+i                              memukuli
me+buah+i                               membuahi

c.       me-per
contoh;
me+per+keruh                                      memperkeruh
me+per+singkat                                    mempersingkat
me+per+tegas                                       mempertegas

d.      me-per-kan
contoh:
me+per+tanggung jawab+kan              mempertanggungjawabkan
me+per+daya+kan                               memperdayakan
me+per+silah+kan                                mempersilahkan

e.       me-per-i
contoh:
me+per+gaul+i                                     mempergauli
me+per+takut+i                                    mempergauli
me+per+baru+i                                     memperbarui  

4.      Fungsi Pembentukan
Fungsi prefiks meN- adalah membentuk kata kerja, baik kata kerja (verba) transitif maupun kata kerja (verba) intransitif. Ada juga prefiks meN- yang membentuk kata sifat.

5.      Makna
Jika dihubungkan dengan kata kerja aus, terutama kata-kata yang banyak dipakai sehari-hari seperti makan, minum, bangun, tidur, mandi, prefiks meN- tidak menyatakan nosi yang baik (arti yang terjadi persis sama dengan kata dasar). Oleh karena itu, prefiks meN sering dihilangkan pada kelompok tersebut.
Selain pada kata-kata tersebut prefiks meN- memiliki makna yang dapat ditinjau dari dua segi, yaitu sebagai unsur pembentuk kata kerja intransitif dan transitif. Serta ada pula yang termasuk golongan kata sifat.
Sebagai unsur kata kerja intransitif, makna prefiks meN – adalah sebagai berikut:
a.       Mengandung arti ‘mengerjakan suatu perbuatan atau gerakan’. Seperti pada kata: menari, menyanyi, merangkak.
b.      Mengandung arti ‘menghasilkan atau membuat sesuatu hal’. Seperti pada kata: menguak, memcicit, merangkak.
c.       Jika kata dasarnya menyatakan tempat, kata yang mengandung meN- memiliki arti ‘menuju ke arah’. Seperti pada kata: menepi, menyisi, meminggir.
d.      Mengandung arti ‘berbuat seperti’, ‘berlaku seperti’, atau ‘menjadi seperti’. Seperti pada kata: merajalela, membabibuta, membatu.
e.       Jika kata dasarnya adalah kata sifat atau kata bilangan, kata yang mengandung meN- memiliki arti ‘menjadi’. Seperti pada kata: meninggi, merendah, memutih.
f.       Variasi lain dari meN- ditambah kata bilangan adalah menyatakan ‘membuat untuk kesekian kalinya’, terutama dalam beberapa ungkapan seperti: menujuh hari, meniga hari, mengepat puluh hari.
Sebagai unsur pembentuk kata kerja transitif, makna prefiks meN- adalah sebagai berikut:
a.       Mengandung arti ‘melakukan suatu perbuatan’. Seperti pada kata: menulis, menikam, mencium.
b.      Mengandung artin ‘mempergunakan’ atau ‘bekerja dengan apa yang terkandung dalam kata’. Seperti pada kata: menyabit, memarang, menyapu.
c.       Membuat atau menghasilkan apa yang disebut dalam kata: menyambal, menggulai, menyoto.
Sebagai unsur pembentuk kata sifat, prefiks meN- mengandung arti ‘dalam keadaan’.Seperti pada kata: mengantuk dan menyendiri.
Dalam pemakaian bahasa sehari-hari terdapat kata yang dapat menimbulkan keraguan karena diduga mengandung prefiks meN-
Bandingkan kalimat-kalimat berikut ini:
a.       Tembakannya mengenai sasaran.
Anak itu menurut perintah orang tuanya.
b.      Mengenai masalah itu telah diperbincangkan dengan matang.
Menurut kabar terakhir, ia sudah diringkus polisi.
Menjelang fajar kami sudah bertolak dari kampung.
Pada kalimat (a), unsur meN- merupakan prefiks. Bentuk tersebut dapat dikembalikan kepada kata dasarnya, yaitu kena dan turut. Sedangkan pada kalimat (b) tidak dapat dilakukan hal seperti pada kalimat (a). Dengan kata lain, struktur kata dalam kelompok (b) tidak dapat dirusak atau dipecah. Jika struktur tersebut dirusak, arti dan fungsinya seperti yang didapati dalam konteks akan lenyap. Kata-kata tersebut dalam perkembangannya telah tumbuh menjadi sebuah morfem dasar baru.

6.      Problematik
Problematik yang sering terjadi pada pembentukan kata yang dibentuk dari prefiks meN- dan kata dasar bentukannya adalah terletak pada proses peluluhan fonem /p/, /t/, /k/, /s/. Kita seringkali menemukan kata bentukan dari prefiks meN dengan kata dasar yang berawalan /p/ yang tidak meluluh seperti pada kata mempesona, mempunyai, mentrasfer, memperhatikan dan lain-lain. Banyak sebab yang melatarbelakangi hal tersebut. Dan salah satu sebabnya adalah ketidaktahuan akan kaidah peluluhan fonem yang benar.
Untuk menelusuri penggunaan kaidah yang tepat untuk peluluhan fonem ini, kita bisa menelusurinya dari dua sisi. Pertama dari kaidah secara langsung, dan yang kedua adalah menelusuri dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Berdasarkan studi kasus yang telah dilakukam, kata berawalan /k/, /p/, /t/, dan /s/ harus memenuhi tiga syarat untuk dapat meluluh.
1.      Berupa kata dasar (apabila kata merupakan kata jadian, berarti tak luluh),misalnya:/memperhatikan/ bukan /memerhatikan/ karena /perhati/ merupakan kata jadian.
2.      Diikuti vokal (apabila diikuti konsonan, berarti tak luluh), misalnya: /mentransfer/ bukan /menransfer/ karena di belakang /t/ adalah konsonan.
3.      Lebih dari satu suku kata (apabila kata hanya memiliki satu suku kata, berarti tak luluh), misalnya: /mengepel/ /mengetik/. Meskipun diawali salah satu fonem /k/, /p/, /t/, dan /s/, di sini tidak luluh karena bentuk dasarnya hanya satu suku kata, yaitu /pel/ dan /tik/.
Untuk permasalahan makna, sepertinya itu hanya terjadi untuk kata tertentu saja yang jika diluluhkan dan tidak diluluhkan akan menimbulkan perbedaan, seperti yang terdapat pada bentukan /mengkaji/ dan /mengaji/. Dua kata tersebut memiliki makna yang berbeda sehingga kedua bentuk itu tetap digunakan (baik yang /k/ diluluhkan maupun tidak).
Untuk kata /memesona/ atau /mempesona/, bila mengikuti hasil studi kasus di atas, /p/ haruslah luluh sehingga bentuknya /memesona/ karena ia telah memenuhi tiga syarat di atas. Oleh karena itu, yang benar adalah /memesona/ bukan /mempesona/.
Adapun untuk kata mempunyai, berdasarkan etimologinya, kata /punya/ awalnya adalah /empunya/ yang mengalami derivasi balik sehingga saat ini kata dasarnya adalah /punya/. Oleh sebab itu, masyarakat menggunakan bentuk /mempunyai/ bukan /memunyai/. Akan tetapi, jika melihat di harian Kompas, disana tidak akan ditemukan bentuk /mempunyai/, tetapi yang ada adalah /memunyai/. Hal ini disebabkan Kompas konsisten terhadap kaidah tanpa melihat etimologi dari kata /punya/. Demikianlah kita bisa menelusuri bagaimana proses peluluhan fonem yang benar secara kaidah.
Yang membuat menarik adalah hasilan dari studi kasus diatas ternyata berbeda dengan apa yang terdapat dalam KBBI. Hal ini terjadi untuk Satuan Gramatik Kompleks Terikat punyai Bila merujuk pada hasil studi kasusbentuk meN + punyai yang dapat dianggap benar adalah memunyai, maka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi keempat, tertera kata pu.nya dengan kata turunan mem.punya.i. Untuk menelusui  lebih lanjut tentang hal ini kita harus melihat pola secara umum untuk kata-kata yang berawalan /p/.
Ada empat pola kata berawalan/p/ yang terdapat dalam KBBI:
  1. KV (konsonan-vokal):/p/akan luluh ketika bergabung dengan meN-. Misalnya, pa.gar menjadi me.ma.gar.
  2. KVK (konsonan-vokal-konsonan): /p/akan luluh. Misalnya: pim.pin menjadi me.mim.pin. Namun, jika sebuah kata hanya terdiri atas satu suku kata, huruf p tidak luluh. Misalnya, pel menjadi me.nge.pel.
  3. KKV (konsonan-konsonan-vokal): /p/tidak luluh. Misalnya, pro.duk.si menjadi mem.pro.duk.si.
  4. KKVK (konsonan-konsonan-vokal-konsonan): /p/tidak luluh. Misalnya, plom.bir menjadi mem.plom.bir.
Jadi, berdasarkan KBBI, ada empat jenis pola suku kata untuk kata awalan /p/, yaitu pola di mana /p/ luluh (KV dan KVK) dan pola di mana /p/ tidak luluh (KKV dan KKVK).
Pertanyaannya, apakah suku kata awal sebuah kata dapat dijadikan pegangan untuk menentukan luluh tidaknya /p/? Ternyata tidak. Dalam KBBI, juga ditemukan kata-kata yang diawali dengan /p/, tetapi perilakunya berbeda dengan kelompok pola suku kata di atas. Ambil contoh kata pat.ro.li dan pat.ri yang berpola KVK. Harusnya, /p/ luluh bergabung dengan awalan meN- sehingga akan menghasilkan kata turunan me.mat.ro.li dan me.ma.tri. Namun dalam kamus, ditemukan kata turunan mem.pat.ro.li.
Yang lebih membingungkan, dalam KBBI edisi 1991 untuk kata per.ko.sa, akan dimenemukan dua bentuk kata turunan, yakni me.mer.ko.sa dan mem.per.ko.sa. Pada edisi 2001, hanya dijumpai satu bentuk kata turunan: me.mer.ko.sa. Karena edisi 2001 merupakan edisi lebih baru, maka muncullah anggapan bahwa kata turunan yang benar untuk kata perkosa adalah memerkosa.
Lalu sebenarnyakapankah /p/ akan luluh jika bergabung dengan meN- dan kapan tidak. Mustakim dalam buku "Tanya Jawab Ejaan Bahasa Indonesia untuk Umum" menyatakan, huruf awal p pada kata-kata serapan dari bahasa asing tidak akan luluh jika gabung dengan meN- (1992:149).
Berdasarkan pendapat Mustakim itu, kita dapat berasumsi bahwa kata patroli merupakan kata serapan, sedangkan kata patri merupakan kata yang berasal dari Bahasa Indonesia. Bila memang demikian, apakah setiap kali ingin menggabungkan sebuah kata berawalan /p/, kita selalu harus memerhatikan apakah kata itu kata serapan atau bukan? Jadi dalam hal ini, kita harus mengetahui sejarah sebuah kata secara etimologis. Kita mungkin akan bisa dengan mudah mengetahui asal sebuah kata bila ia merupakan kata asing yang sebenarnya (bukan kata serapan). Dengan mengetahui hal ini, maka pembentukan kata dari prefiks meN- yang disandingkan dengan kata berawalan /p/, /t/, /k/, /s/ tidak akan menjadi masalah berarti. Kita ambil contoh kata bentukan mensurvey kata ini dibentuk dari meN + survey. Kata mensurvey tidak lah menyalahi kaidah, karena survey bukan berasal dari Bahasa Indonesia.
Oleh karena banyak yang tidak mengetahui etimologi sebuah kata, tidak mengherankan jika kita menemukan dua bentuk kata turunan untuk sebuah kata yang sama. Misalnya, mempunyai dan memunyai, memproses memroses. Agar tidak membingungkan para pengguna bahasa Indonesia, selain sebaiknya kita berpegang pada kaidah peluluhan yang didapat dari studi kasus dan empat pola di atas, alangkah lebih baiknya bila kita menghindari penggunaan bahasa asing terutama untuk pengujaran dan penulisan formal.

7.      Simpulan
Dari berbagai pembahasan di atas, telah diketahui bahwa meN- merupakan salah satu imbuhan dalam Bahasa Indonesia yang digolongkan dalam katagori prefiks. Adapun prefiks itu sendiri merupakan bentuk terikat yang ditempatkan pada bagian depan bentuk dasar dan akan merubah makna gramatikal bentuk dasar yang ditempatinya.
MeN- memiliki beberapa alomorf yaitu me-, mem, men, meng, menge, dan meny. Alomorf ini akan membentuk variasi kata  jadian dengan berpedoman pada kaidah yang telah ada, yaitu berdasarkan pada morfem awal kata dasar yang menyertai meN- itu sendiri.
Berdasarkan tinjauan teoretis, meN- dapat bersandingan dengan golongan kata apapun hingga membentuk kata jadian yang bergolongan verba baik transitif maupun intransitif. Namun selain membentuk kata jadian verba, ditemukan juga bahwa meN- dapan membentuk kata jadian yang bergolongan kata sifat. Dan sesuai dengan pengertian prefiks yang telah disinggung, kata jadian yang terbentuk pun akan memiliki makna baru. Selain itu, prefiks meN- ini pun dapat bervariasi dengan beberapa afiks lain terutama dengan prefiks dan sufiks seperti per-, ber-, -i dan kan.
Dalam pengunaannya, meN- mempunyai beberapa problematik. Problematik ini terutama terjadi karena ketidakkonsistenan kaidah peluluhan fonem untuk  meN- yang disandingkan dengan kata dasar yang berawalan /p/, /t/, /k/, dan /s/. Ketidakkonsistenan ini disebabkan oleh beberapa hal yang diantaranya kebiasaan masyarakat umum dan anggapan bahwa etimologi kata yang bersangkutan mempengaruhi peluluhan fonem. Untuk itu kita pada umumnya dan para pakar bahasa disarankan untuk meninjau kembali kaidah peluluhan fonem ini agar kelak ditemukan satu keputusan terbaik yang menjadi rujukan bagi pemakai Bahasa Indonesia secara luas.



8.      Daftar Pustaka
Atmosumarto, Susanto. 2004. A Learner’s Comprehensive Dictionary of Indonesian. Yogyakarta: Cahaya Timur Offset.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik Edisi IV cetakan II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2009. Pembentukan Kata Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustak Utama.
Putrayasa, Ida bagus. 2008. Kajian Morfologi (Bentuk Derivasional dan Infleksional). Bandung: Refika Aditama.
Pattinasarany, Sally. 2003. Luluhnya “P” sehabis ‘Me” dalam Majalah Intisari halaman 152-153 [1 Desember 2003].
Ramlan, M. 2009. ILMU BAHASA INDONESIA Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: Karyono.









Komentar

Postingan Populer